Bansos yang Masih Cair di Maret 2023, Simak Cara Mendaftar DTKS Kemensos dengan 2 Cara Ini

- 9 Maret 2023, 21:27 WIB
Berikut ini merupakan penjelasan tentang bansos yang masih cair pada Maret 2023 dan cara mendaftar DTKS Kemensos.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang bansos yang masih cair pada Maret 2023 dan cara mendaftar DTKS Kemensos. /Tangkap Layar DTKS Kemensos/

PR DEPOK - Pemerintah masih menyalurkan Bansos PKH dan BPNT di bulan Maret 2023, bansos tersebut akan disalurkan pada masyarakat miskin yang sudah terdaftar sebagai KPM.

Bansos di tahun 2023 akan disalurkan dalam bentuk tunai, untuk diketahui bahwa BPNT biasanya akan disalurkan dalam bentuk sembako senilai Rp200.000.

Sementara PKH selalu disalurkan dalam bentuk tunai dai Rp900.000 hingga Rp3 juta, bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri ke DTKS Kemensos masih berkesempatan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) masih menjadi acuan masyarakat untuk mendapatkan bantuan uang tunai dari Kemensos.

Baca Juga: Berapa Lama Proses Seleksi Kartu Prakerja? Ini Estimasi Jangka Waktunya

Setelah masyarakat sudah mendaftarkan diri, masyarakat akan mendapatkan status Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Tentunya tidak semua masyarakat akan mendapatkan bantuan, pemerintah selalu melakukan seleksi dengan membuat beberapa kategori untuk bansos PKH, dan beberapa kriteria yang akan mendapatkan kedua bansos tersebut.

Kategori yang ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan bantuan PKH adalah Ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, lansia, penyandang disabilitas, dan SD-SMA Sederajat.

Masing-masing akan mendapatkan besaran dana yang berbeda, selain itu untuk mendapatkan kedua bansos tersebut masyarakat harus memenuhi kriteria.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x