Penyebab BPNT Juli 2023 Tak Kunjung Cair ke Penerima

- 7 Juli 2023, 12:52 WIB
Ilustrasi penerima BPNT Juli 2023.
Ilustrasi penerima BPNT Juli 2023. /ANTARA/HO-Jimi/

PR DEPOK - Masyarakat saat ini masih banyak yang mengeluh kenapa BPNT Juli 2023 tak kunjung cair? Maka ini informasi penyebabnya.

Perlu diketahui, masyarakat penerima manfaat seharusnya saat ini sudah mendapatkan bantuan sosial BPNT Juli 2023 sebesar Rp200.000 setiap bulannya. Dimana bantuan tersebut diberikan untuk mencukupi kebutuhan pangan penerima manfaat (PM).

Namun, kenyataannya berbanding terbalik masih banyak penerima manfaat yang belum mendapatkan bansos tersebut. Lantas, tidak jarang penerima manfaat mengeluh dan mencari tahu penyebab BPNT Juli 2023 tidak kunjung cair ke penerima.

Baca Juga: 5 Daftar Orang Terkaya di Indonesia di Tahun 2023, Lengkap dengan Nama Perusahaannya

Melansir dari PikiranRakyat-Depok pada Jumat, 7 Juli 2023, berikut penyebab BPNT Juli 2023 tidak kunjung cair ke penerima.

1. NIK dan KK tidak tercatat di Dukcapil

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang belum atau tidak terdaftar di Dukcapil membuat bansos BPNT 2023 tidak kunjung cair ke penerima manfaat.

2. Data Belum terdaftar eKTP di Capil

Bagi penerima manfaat yang sudah lanjut usia haru memperbaharui KTP miliknya menjadi eKTP. Sebab, data eKTP yang belum terdaftar di Catatan Sipil (Capil) bisa menjadi salah satu penyebab bansos BPNT 2023 tidak kunjung cair ke penerima.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Tempat Makan Bakso Terenak di Lampung, Dijamin Enak dengan Rating Tinggi

3. Perbedaan NIK pengurus dengan NIK di Rekening KPM

Hal ini bisa terjadi pada saat pendaftaran di sistem DTKS, dimana keluarga penerima manfaat ataupun dari pihak DTKS tidak sengaja membuat kesalahan saat input data.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah