Antisipasi Resesi, Peneliti: Pemberian Subsidi Upah Jaga Daya Beli Masyarakat

- 31 Agustus 2020, 14:40 WIB
Ilustrasi Daftar BLT
Ilustrasi Daftar BLT /Mantra Sukabumi/Doc

PR DEPOK – Pandemi Covid 19 berpengaruh pada semua lini kehidupan manusia, termasuk sektor ekonomi.

Sejumlah peneliti mengungkapkan program subsidi pemerintah yang diberikan pemerintah mampu mengantisipasi resesi ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan Pingkan Audrine Kosijungan, Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) melalui keterangan tertulis di Jakarta Sabtu, 29 Agustus 2020.

Baca Juga: Sinopsis Dredd, Aksi Karl Urban Hadapi Gembong Narkoba yang Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV

"Melihat kondisi sosial dan ekonomi Indonesia yang saat ini masih terdampak oleh pandemi, langkah yang ditempuh pemerintah ini cukup rasional mengingat banyak sektor usaha yang mengalami perlambatan pertumbuhan akibat upaya pembatasan yang dilakukan pemerintah," ujar Pingkan dikutip Pikiranrakyat.com-depok.com dari Antara.

Mengacu pada kuartal dua 2020, berdasarkan kajian dari BPS bahwa kontraksi ekonomi Indonesia di kuartal kedua jika dilihat dari sebelumnya menunjukkan minus 4,9 persen meski sejumlah sektor masih mengalami pertumbuhan positif.

Pertumbuhan positif beberapa sektor tersebut diharapkan akan menjadi potensi perbaikan kinerja perekonomian pada kuartal selanjutnya.

Baca Juga: Baru Ultah Besok, Penggemar Beri Ucapan Selamat untuk Jungkook BTS Sepanjang 400 Meter di Kereta KTX

Namun tentu saja, harus diikuti dengan kebijakan lain yang mendukung jalannya sektor ini seperti kedisiplinan penerapan protokol kesehatan.

"Pertumbuhan positif beberapa sektor memberikan ruang untuk para pelaku usaha untuk tetap mempekerjakan para pekerjanya walaupun memang jika dilihat secara case by case tentu akan sangat beragam kebijakan yang diambil bagi para pekerja di sektor ini mengingat pandemi ini telah mempengaruhi kehidupan seluruh lapisan masyarakat," kata Pingkan.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x