Cek Bansos September 2023 Menggunakan HP dan KTP, Masyarakat yang Penuhi Syarat Bisa Dapat Bantuan

- 18 September 2023, 16:23 WIB
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara cek bansos yang cair September 2023 menggunakan HP dan KTP.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara cek bansos yang cair September 2023 menggunakan HP dan KTP. /FransiscoCarollio/ANTARA FOTO

PR DEPOK – Terdapat beberapa bansos yang disalurkan pemerintah pada September 2023 ini, dua di antaranya dan termasuk yang paling dicari masyarakat adalah BPNT dan PKH. Pasalnya, kedua bansos tersebut dicairkan dalam bentuk BLT atau Bantuan Langsung Tunai.

Pada September 2023 ini, penyaluran bansos dilakukan secara bertahap. Itu berarti, ada beberapa daerah yang sudah mendapatkannya, ada pula yang belum. Bagi yang belum, sebaiknya ditunggu saja, karena jika nama Anda memang terdaftar sebagai penerima, tentunya bantuan akan cair suatu waktu.

Lantas, bagaimana mengetahui nama seseorang terdaftar sebagai penerima bansos atau bukan? Jawabannya mudah. Anda tinggal cek saja secara online menggunakan HP dan KTP.

Namun sebelum mengetahui cara mengeceknya, pastikan bahwa Anda memang memenuhi syarat untuk mendapatkan bansos BPNT serta PKH.

Baca Juga: 7 Bakso Ternikmat dengan Rasa yang Nendang di Kota Depok, Ratingnya Bagus

Syarat Menjadi Penerima Bansos

Agar bisa mendapatkan bansos, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satu syarat terpenting adalah terdaftar di DTKS. Hal ini disebabkan data status sebuah keluarga tercatat di DTKS, dan mereka yang mendapatkan bansos hanya yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Syarat selanjutnya tentu Anda harus merupakan WNI yang dibuktikan dengan KTP. Selanjutnya, penerima bansos bukan merupakan pegawai pemerintah atau aparatur negara.

Baca Juga: 5 Mie Ayam Terenak di Purworejo yang Warungnya Ramai, Berikut Alamatnya

Di samping syarat-syarat umum tersebut, khusus PKH, ada beberapa kriteria masyarakat tertentu yang berhak mendapatkan BLT, yaitu:

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah