Bansos PKH dan BLT BPNT Cair Oktober 2023, Begini Cara Daftar dan Cek Penerima Online

- 7 Oktober 2023, 14:00 WIB
Cara daftar dan cek penerima PKH serta BPNT Oktober 2023 online.
Cara daftar dan cek penerima PKH serta BPNT Oktober 2023 online. /iqbalnuril/Pixabay

PR DEPOK – Pada bulan Oktober 2023, pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos). Selain bantuan pangan beras, ada Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BPNT) yang memang sangat dinantikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran bansos ini merupakan upaya mendukung masyarakat, terutama pada masa krisis pangan sekarang.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar atau mengecek status penerimaan bansos PKH dan BPNT Oktober 2023, berikut adalah panduan lengkapnya.

Baca Juga: Paling Juara! 5 Ayam Goreng Rating Tinggi di Sleman, Alamat dan Harga Segini

Cara Daftar Bansos PKH dan BPNT

Pada dasarnya, tujuan pemerintah memberikan bansos adalah untuk memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar serta meningkatkan taraf hidup masyarakat kurang mampu.

Agar mencapai target tersebut, pemerintah berupaya mempermudah proses pendaftaran dan pengusulan bagi masyarakat yang ingin menjadi penerima bansos.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bansos PKH dan BPNT Bulan Oktober 2023 di cekbansos.kemensos.go.id

Masyarakat kurang mampu yang mau menjadi penerima bansos, bisa mendaftarkan diri di kantor desa atau kelurahan setempat dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu, pengusulan data dapat dibantu oleh petugas atau secara mandiri melalui Aplikasi Cek Bansos. Nanti Kemensos akan memverifikasi dan memvalidasi data yang diusulkan, lalu diputuskan layak tidaknya sebagai penerima bantuan PKH atau BPNT.

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah