Bansos BPNT dan PKH Kembali Disalurkan, Ini Metode dan Cara Cek Penerimanya

- 20 Oktober 2023, 14:59 WIB
Berikut ini merupakan informasi soal metode dan cara cek penerima bansos PKH dan BPNT yang kembali disalurkan.
Berikut ini merupakan informasi soal metode dan cara cek penerima bansos PKH dan BPNT yang kembali disalurkan. /Makna Zaezar/ANTARA FOTO

PR DEPOK - Program bantuan sosial (bansos) sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) menjangkau daerah-daerah 3T. Salah satunya, bantuan disalurkan di Dusun Rammang-rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Proses penyaluran dilakukan dengan metode "door to door", di mana bantuan diantarkan langsung ke rumah penerima manfaat.

Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya, petugas juru bayar menghadapi sejumlah tantangan, terutama terkait aksesibilitas ke daerah yang memiliki karakteristik karst. Mereka harus melewati rawa dan sungai yang sulit dilewati untuk mencapai lokasi keluarga penerima manfaat (KPM).

Pemerintah tetap komit untuk membantu keluarga kurang mampu pada bulan Oktober 2023. Bantuan sosial terdiri dari dua jenis, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sembako.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Leo, dan Virgo Besok Sabtu, 21 Oktober 2023: Hati-Hati Penipuan di Lingkungan Kerja

PKH bulan Oktober 2023 merupakan pencairan tahap akhir, dilaksanakan dalam rentang waktu Oktober hingga Desember. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam berbagai aspek, termasuk kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan.

Penerima PKH tahun 2023 meliputi ibu hamil, anak balita, bantuan pendidikan untuk anak-anak tingkat SD, SMP, dan SMA, serta bantuan kesejahteraan bagi kelompok lanjut usia di atas 60 tahun atau penyandang disabilitas berat.

Sementara itu, BPNT atau Bansos Sembako dicairkan pada tahap kelima dengan alokasi untuk dua bulan sekaligus, yaitu September dan Oktober 2023. Penyaluran PKH dan BPNT dilakukan dalam bentuk uang tunai. Besaran PKH berkisar antara Rp225.000 hingga Rp750.000, sementara nominal BPNT sembako adalah sebesar Rp400.000.

Baca Juga: Link Nonton Drakor My Dearest 2 Episode 13 Sub Indo Legal, Spoiler: Reuni Penuh Haru Gil Chae dan Jang Hyun

Proses penyaluran PKH dan BPNT sembako bulan Oktober 2023 dilakukan melalui Bank Himbara dan kantor pos. Inisiatif ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan komitmen untuk menyentuh dan melayani masyarakat di wilayah-wilayah 3T.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah