Cara Cek Penerima BLT El Nino yang Cair pada Bulan November hingga Desember 2023

- 15 November 2023, 14:01 WIB
Berikut ini merupakan cara cek penerima BLT El Nino 2023, dijadwalkan untuk cair pada November hingga Desember
Berikut ini merupakan cara cek penerima BLT El Nino 2023, dijadwalkan untuk cair pada November hingga Desember /Pixabay/

PR DEPOK - Pemerintah Indonesia telah menganggarkan lebih dari Rp 7 triliun sebagai tambahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk mengantisipasi dampak El Nino.

Dampak dari El Nino ini sendiri adalah kekeringan pada lahan pertanian, dan produktivitas panen terganggu sehingga mengakibatkan harga bahan pangan ikut mengalami kenaikan.

Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Kacaribu mengatakan bahwa pemerintah memberikan tambahan perlindungan sosial berupa BLT El Nino guna menjaga daya beli kelompok miskin dan rentan.

BLT El Nino ini akan diberikan sebesar Rp 400.000 untuk setiap keluarga penerima manfaat selama dua bulan, yaitu November dan Desember.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia, Mendunia dan Tak Kalah dengan Luar Negeri

Cara menerima bantuan ini adalah melalui transfer ke rekening masing-masing penerima, dimulai bulan depan.

Alokasi BLT sebesar Rp. 200 ribu per bulan, yang menerima bantuan El Nino sekitar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan durasi dua bulan yaitu November dan Desember 2023.

PikiranRakyat-Depok telah merangkum untuk memberikan panduan cara cek penerima BLT El Nino 2023 melalui website dan aplikasi.

Baca Juga: 6 Warung Rawon Paling Nikmat di Yogyakarta, Sensasi Kuliner yang Menggoda Lidah!

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x