Sudah Cair! Ini Cara Pencairan BLT El Nino dan Syarat Penerimanya

- 26 Desember 2023, 21:07 WIB
Dana BLT EL Nino dikabarkan sudah cair sebesar untuk bulan Desember 2023. Berikut ini cara pencairan dan syarat penerima.
Dana BLT EL Nino dikabarkan sudah cair sebesar untuk bulan Desember 2023. Berikut ini cara pencairan dan syarat penerima. /Pixabay/Mohamad Trilaksono

PR DEPOK – Dana BLT EL Nino sudah cair sebesar Rp400.000 pada Desember 2023 ini. Bantuan tersebut diberikan kepada 18,8 juta penerima BLT yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran dana BLT EL Nino ditetapkan melalui transfer langsung ke rekening bank masing-masing penerima. Selain itu, pencairan dana juga dapat dilakukan melalui PT Pos Indonesia yang telah ditunjuk sebagai mitra penyalur BLT El Nino.

Cara Pencairan BLT El Nino

Ada 3 mekanisme pencairan dana BLT El Nino yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing penerima.

Baca Juga: 8 Pilihan Mie Ayam Pangsit Paling Mantap dan Favorit di Pekanbaru Riau, Cek Lokasinya

1. Penyaluran BLT El Nino melalui Bank Himbara

Masyarakat yang berada di perkotaan yang di daerahnya terdapat bank HIMBARA seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN dapat mendatangi langsung bank pusat atau bank cabang atau ATM terdekat untuk memeriksa dana BLT yang sudah masuk.

2. Penyaluran BLT El Nino melalui PT Pos Indonesia

Masyarakat yang berada di dekat kantor pos dapat mengambil bantuan langsung di kantor tersebut dengan membawa undangan sesuai jadwal, KTP, dan KK penerima BLT.

Baca Juga: 7 Nasi Goreng Mantap Jiwa di Magelang 'se Enak itu' Kata Penikmat, Ini Jam Buka dan Alamatnya

3. Penyaluran BLT El Nino untuk para lansia dan penyandang disabilitas

Para penerima bantuan dari kelompok lansia, penyandang disabilitas, dan orang sakit bantuan akan diantarkan atau disalurkan langsung ke rumah masing-masing.

Syarat Penerima BLT EL Nino

Penerima BLT El Nino harus memenuhi ketentuan seperti sudah terdaftar dalam Daftar Terpadu Keluarga Sejahtera (DTKS) kemensos. Penerima BLT Nino juga merupakan masyarakat dari kelompok miskin dan terdaftar sebagai penerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Halaman:

Editor: Tesya Imanisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x