4 Jenis Bansos yang akan Cair Maret 2024: Ada BPNT, PKH, hingga BLT Mitigasi Pangan

- 1 Maret 2024, 13:25 WIB
Berikut ini merupakan daftar bansos yang akan cair pada Maret 2024, dari BPNT, PKH, dan BLT Mitigasi Pangan.
Berikut ini merupakan daftar bansos yang akan cair pada Maret 2024, dari BPNT, PKH, dan BLT Mitigasi Pangan. /ANTARA/Reno Esnir

PR DEPOK – Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat pada bulan Maret 2024. Bansos ini mencakup PKH, BPNT, hingga BLT Mitigasi Pangan.

Deretan bansos yang diberikan pada Maret 2024 ini ada yang regular dan tambahan. Bansos regular antara lain, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sedangkan tambahan, yaitu bansos beras 10 kilogram dan BLT Mitigasi Pangan.

Berbagai bansos Maret 2024 ini akan diberikan dalam bentuk tunai maupun bahan pangan. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga: Kapan Sidang Isbat Ramadhan 2024 Digelar? Cek Info Jadwal dan Penjelasannya

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT atau yang juga dikenal dengan Kartu Sembako adalah program bansos yang menyasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Target penerima BPNT Tahun 2024 sebanyak 188 juta KPM. Mereka akan menerima bantuan uang tunai Rp 200.000 per bulan sehingga total setahun sebesar Rp2,4 juta.

Bantuan ini biasanya disalurkan setiap dua atau tiga bulan sekali, sehingga setiap KPM dapat menerima Rp400.000 hingga Rp600.000.

Baca Juga: Korean Music Awards 2024 Sudah Digelar, Ini Daftar Pemenang Lengkapnya: Ada NewJeans!

Program Keluarga Harapan (PKH)

Sama seperti BPNT, PKH adalah program kepada KPM yang terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x