Menteri ESDM Sebut Tiga Kunci untuk Wujudkan Sistem Kelistrikan yang Tangguh

- 30 Oktober 2020, 11:16 WIB
Fasilitas kelistrikan PT PLN (Persero).
Fasilitas kelistrikan PT PLN (Persero). /Humas Kementerian ESDM

PR DEPOK - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menyebutkan bahwa terdapat tiga kunci untuk dapat mewujudkan sistem kelistrikan yang Tangguh.

Ketiga kunci tersebut yakni dibutuhkannya lokalitas energi, pembangkit listrik yang fleksibel, dan lebih banyak lagi sistem interkoneksi.

Namun, di sisi lain Arifin mengakui adanya keterbatasan ekonomi, kondisi geografis, dan sistem distribusi kelistrikan yang terpusat yang belum mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Dukung Sikap Tegas Kemenlu, Fraksi PKS Resmi Kiriman Surat Protes pada Emmanuel Macron

"Dengan pemanfaatan sumber energi lokal terbarukan yang tersedia di setiap wilayah, microgrids dapat digunakan sebagai solusi untuk menciptakan wilayah mandiri energi untuk wilayah terpencil dan terdepan," kata Arifin pada Kamis, 29 Oktober 2020 seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari RRI.

Arifin menerangkan bahwa microgrids dirancang untuk mencapai fleksibilitas jaringan dan kemampuan pemrosesan data.

Fleksibilitas tersebut didapat melalui kombinasi berbagai sumber energi terbarukan, antara lain Matahari dan angin dengan baterai dan genset diesel yang terhubung ke jaringan pusat.

Baca Juga: Wisatawan Jalani Rapid Test Massal di Puncak Bogor, 50 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19

"Microgrids tersebut juga sejalan dengan target pemerintah untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan porsi penggunaan energi terbarukan," ujarnya.

Menurutnya, untuk mencapai target penurunan emisi karbon dan meningkatkan porsi penggunaan energi terbarukan, telah diimplementasikan berbagai aturan yang disertai dengan kegiatan research and development (penelitian dan pengembangan).

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x