Anies Sebut Banjir di DKI Dampak Air Kiriman dari Depok, Iwan Fals: Lha Depok Juga Kebanjiran

- 21 Februari 2021, 08:27 WIB
Iwan Fals (kanan) respons pernyataan Anies Baswedan (kiri) bahwa banjir di Jakarta adalah kiriman dari Depok. /Dok. Instagram @aniesbaswedan dan @iwanfals.

PR DEPOK – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut banjir yang terjadi di Jalan Sudirman, Kemang, Widya Chandra, serta Tendean, diakibatkan oleh luapan Kali Krukut.

"Jadi curah hujan yang terjadi di kawasan hulu Kali Krukut yang melintang melintasi Jalan Jendral Sudirman, sangat tinggi dengan tercatat 136 mm/hari,” kata Anies Baswedan seperti dikutip dari Antara.

Menurut Anies Baswedan, Kali Krukut tidak mampu menampung debit air dari kawasan hulunya di Depok, Jawa Barat sehingga meluap dan terjadi banjir.

Baca Juga: Sindir Keras Anies Baswedan Soal Banjir, Yunarto Wijaya: Biasanya Pak Riza Patria Lebih Sering Muncul di Media 

Dengan demikian, kata Anies Baswedan, penambahan debit air bukan dari hujan lokal di kawasan Kemang atau Jalan Sudirman, melainkan kawasan antara hulu dan Jakarta.

“Kemudian lintas airnya melewati dua sungai, satu Kali Mampang dan dua Kali Krukut. Kedua aliran kali itu bertemu di belakang LIPI. Lalu mengalir ke Sudirman. Jadi, saat ini adalah dampak dari air kiriman dari kawasan tengah sekitar Depok," ujar dia menambahkan.

Namun tampaknya pernyataan tersebut turut dikomentari oleh musisi sekaligus kritikus Virgiawan Listanto atau yang akrab disapa Iwan Fals melalui akun Twitter pribadinya @iwanfals.

Baca Juga: Banjir Terjang Jabodetabek, Tifatul Sembiring: Tolong Jangan Dikaitkan dengan Politik, Pilkada Masih Lama

Iwan Fals lantas heran karena kawasan Depok disebut sebagai penyebab banjir di Jakarta Selatan. Pasalnya, Depok juga terkena dampak banjir. 

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Twitter @iwanfals


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X