Berkebun di Rumah Bantu Halau Kebosanan Selama #Dirumahaja

- 29 Maret 2020, 16:48 WIB
ILUSTRASI berkebun di rumah.*

PIKIRAN RAKYAT - Salah satu dari beragam aktivitas seperti berkebun bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk dilakukan selama menjalani social atau physical distancing' di rumah.

Selain memberikan manfaat, kegiatan tersebut juga dapat menghalau kebosanan karena tidak memiliki aktivitas rutin seperti pekerja yang harus bekerja di rumah, terutama bagi kelompok berisiko tertular seperti usia lanjut dan penderita diabetes.

"Banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menanam pohon di perkarangan rumah, itu bisa membantu mengendalikan emosi selama di social distancing," kata Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Prof. dr. Purnawan dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu, 29 Maret 2020 seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi BNPB.

Baca Juga: Update Virus Corona di Indonesia Minggu, 29 Maret 2020: 1.285 Positif, 64 Sembuh dan 114 Meninggal

Menurut Purnawan, selama hampir dua pekan di rumah adalah wajar jika seseorang mulai bosan, karena biasanya berinteraksi sosial untuk menghalau kebosanan.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi BNPB oleh sebab itu menurutnya, berkebun sangat cocok khususnya bagi kelompok berisiko seperti usia lanjut karena tidak memiliki aktivitas rutin seperti pekerja yang harus bekerja di rumah.

Selain menanam di pekarangan rumah, kegiatan mengasuh cucu juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan menghalau kebosanan di rumah.

Baca Juga: Stres Pikirkan Pandemi, Tanda Sesak Bisa Jadi Psikosomatis Bukan Virus Corona

"Perhatikan cucu juga bisa," katanya.

Tapi tetap perlu diperhatikan karena kakek atau nenek punya kerentanan untuk terjangkit.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: BNPB


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X