2.000 Jiwa Tewas, Korban Gempa Maroko: Kami Hanya Mengandalkan Tuhan

- 11 September 2023, 07:30 WIB
Para korban selamat gempa bumi Maroko berkumpul di malam hari di Pegunungan Atlas Tinggi pasca 2.000 korban jiwa meninggal dunia.*
Para korban selamat gempa bumi Maroko berkumpul di malam hari di Pegunungan Atlas Tinggi pasca 2.000 korban jiwa meninggal dunia.* /REUTERS/ABDELHAK BALHAKI

PR DEPOK - Dikabarkan para korban selamat gempa bumi Maroko berkumpul di malam hari di Pegunungan Atlas Tinggi pada hari Sabtu, sehari setelah gempa bumi terdahsyat dalam lebih dari enam dekade menghancurkan lebih dari 2.000 jiwa dan merusak desa-desa.

 

Para tetangga masih mencari korban selamat yang terkubur di lereng pegunungan, di mana rumah-rumah berbahan baku lumpur, batu, dan kayu kasar retak dan menara masjid roboh akibat gempa yang melanda pada Jumat malam. Kota tua bersejarah Marrakech juga mengalami kerusakan yang luas.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa 2.012 orang tewas dan 2.059 lainnya terluka, termasuk 1.404 dalam kondisi kritis. Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa bumi tersebut memiliki magnitudo 6,8 dengan pusat gempa sekitar 72 km (45 mil) barat daya Marrakech.

Di desa Amizmiz dekat pusat gempa, petugas penyelamat menggali reruntuhan dengan tangan kosong. Bangunan-bangunan yang roboh menghalangi jalan-jalan sempit. Di luar rumah sakit, sekitar 10 jenazah terbaring tertutup selimut, sementara kerabat yang berduka berdiri di dekatnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius Senin, 11 September 2023: Hari yang Menguntungkan dan Lebih Bahagia

"Ketika saya merasakan tanah berguncang di bawah kaki saya dan rumah condong, saya segera mengeluarkan anak-anak saya. Tetapi tetangga saya tidak bisa," kata Mohamed Azaw dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari Reuters.

"Sayangnya, tidak ada yang ditemukan hidup-hidup dalam keluarga itu. Ayah dan anak laki-laki ditemukan tewas dan mereka masih mencari ibu dan anak perempuan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x