Pria AS Mencuri Identitas Orang Lain dan Berhasil Menggunakannya Selama 35 Tahun, Begini Kronologinya

- 12 April 2024, 20:45 WIB
Ilustrasi kartu identitas.
Ilustrasi kartu identitas. /Pixabay/mohamed_hassan/Pixabay

PR DEPOK – Seorang mantan pegawai dari Rumah Sakit Universitas Iowa, AS, mengaku telah mencuri identitas pria lain dan menggunakannya selama 35 tahun terakhir. Bukan hanya itu, pencurian identitas tersebut bahkan menyebabkan orang yang asli ditangkap dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Dikutip dari Oddity Central, pada tanggal 1 April, Matthew David Keirans yang berusia 58 tahun mengaku bersalah atas tuduhan federal bahwa dia telah mencuri identitas pria lain dan menggunakannya selama 35 tahun terakhir.

Pada saat penangkapannya, Keirans sedang bekerja di Rumah Sakit Universitas Iowa dengan nama William Donald Woods, sebuah nama alias yang dia adopsi pada tahun 1988, setelah bekerja dengan Woods yang asli di gerobak hot dog di Albuquerque, New Mexico.

Tidak jelas bagaimana pria berusia 58 tahun itu bisa menggunakan identitas Woods dalam setiap aspek kehidupannya, namun dokumen pengadilan mengungkapkan bahwa pada tahun 1990 dia bisa mendapatkan kartu identitas palsu dengan nama dan tanggal lahir Woods, dan pada tahun 1991 dia membeli mobil atas nama Woods dengan dua cek yang akhirnya dibatalkan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Purwokerto yang Hits dari Waktu ke Waktu, Catat Alamatnya!

Setelah mengendarai mobil curiannya ke Idaho, Keirans meninggalkan mobil itu dan menggunakan semua uangnya dari bank Colorado menggunakan ATM untuk meninggalkan negara bagian tersebut. Penangkapan dikeluarkan atas nama Woods karena pencurian mobil tersebut, namun dokumen pengadilan tidak menunjukkan apakah tindakan tersebut benar-benar dilakukan.

Keirans melanjutkan kehidupan palsunya, menikahi seorang wanita pada tahun 1994 dan bahkan menjadi ayah dari seorang anak bernama belakang Woods.

Pada tahun 2012, Matthew Keirans membawa pencurian identitasnya ke tingkat yang baru, berhasil memperoleh secara ilegal salinan akta kelahiran Woods dari negara bagian Kentucky menggunakan informasi yang dia temukan tentang keluarga Woods di Ancestry.com.

Setahun kemudian, dia pindah ke Wisconsin bagian timur dan mulai bekerja di departemen TI di Rumah Sakit Universitas Iowa. Antara tahun 2016 dan 2022, dia mengambil beberapa pinjaman kendaraan dan pribadi atas nama Woods.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia

Sumber: Oddity Central


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah