50.000 Buruh di 24 Provinsi Akan Ikut Peringati May Day, KSPI: Kami Harap Bisa Ditemui Pemerintah

- 28 April 2021, 19:50 WIB
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. /Sumber: Antara / Prisca Triferna/

PR DEPOK - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan ribuan buruh dari berbagai daerah di Indonesia akan terlibat dalam memperingati May Day atau Hari Buruh pada 1 Mei mendatang.

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara pada Rabu, 28 April 2021, Presiden KSPI, Said Iqbal mengatakan aksi May Day itu akan diikuti sekitar 50.000 buruh di 24 provinsi.

"Khusus KSPI, aksi May Day akan diikuti sekitar 50.000 buruh. Yang sudah tercatat dan yang dilakukan pendataan lebih dari 50.000 buruh di 24 provinsi, di 200 kabupaten/kota," kata Said Iqbal dalam konferensi persnya pada Selasa, 27 April 2021.

Baca Juga: Cek Fakta: BPJS Kesehatan Dikabarkan Akan Beri Dana Bantuan Lewat Tautan yang Tersebar di SMS, Ini Faktanya

Terkait jumlah pasti buruh yang akan menggelar peringatan May Day nantinya akan dikoordinasikan KSPI dengan aparat keamanan. Langkah ini berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Menurut Said Iqbal koordinasi protokol kesehatan juga dilakukan pihaknya dengan Satgas Covid-19.

Meski demikian, Said Iqbal memastikan semua aksi buruh akan dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 tentu dengan menaati arahan dari Satgas Covid-19 baik di pusat maupun di daerah.

Soal jumlah buruh, Said Iqbal mengungkapkan sebanyak 50.000 buruh yang menjadi anggota KSPI berasal dari 3.000 pabrik di 24 provinsi.

Baca Juga: Ngabuburit di Sepanjang Rel Kereta Api Bisa Kena Denda Rp15 Juta

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x