Cek Fakta: Tersiar Kabar Bantuan Khusus dari Tiongkok bagi FPI untuk Perangi Corona, Simak Faktanya

- 24 Maret 2020, 15:32 WIB
Box bantuan kemanusiaan dari Tsinghan Charity Foundation Twitter

PIKIRAN RAKYAT – Pemilik akun Twitter @isnuTardjono mengunggah sebuah foto yang menampilkan sebuah box dengan label putih bertuliskan ‘fight COVID-19 Tsinghan Cares To Front Pembela Islam’ dengan menautkan unggahan tersebut kepada akun Twitter Turn Back Hoax.

Pemiliki akun @isnuTardjono menanyakan tentang kebenaran informasi yakni bantuan kemanusiaan yang khusus diperuntukan bagi Front Pembela Islam dari Tsinghan Charity Foundation.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia menyatakan informasi yang ada dalam gambar tersebut yakni donasi khusus untuk Front Pembela Islam (FPI) telah disunting dan dimanipulasi oleh seseorang dan dengan sengaja dibuat untuk menipu orang lain.

Baca Juga: Protokol Pengurusan Jenazah Pasien Virus Corona Menurut Kementerian Agama

Bantuan kemanusiaan tersebut faktanya memang benar berasal dari Tsinghan Cares atau Tsinghan Charity Foundation namun tulisan ‘Donation supplies from Tsinghan’ yang berada di bawah label Tsinghan Cares telah disunting dan diubah menjadi ‘To: Front Pembela Islam’.

Gambar tersebut sengaja diambil dari seorang sumber yakni pemilik akun Instagram @dedybaliagung atau Dedy Amstrong Kurniawan.

loading...

Box coklat tersebut berisi sejumlah alat kesehatan seperti masker, pelindung wajah, kacamata, hazmat serta alat penunjang kebutuhan para tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga: Belum Lama Diresmikan, Wisma Atlet Kemayoran Sudah Terima 71 Pasien Positif Virus Corona

“Kabar baik berupa donasi untuk Indonesia dari Tiongkok. Pihak Indonesia kini telah sampai di Bandara Pudong, Shanghai. Puji Tuhan Skadron 32 dengan Pesawat Hercules C-130 menjemput dan mengambil bantuan medis ini,” tulis Dedy dalam akun instagramnya.

Sebelumnya Dedy juga mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan para kru pesawat yang berjumlah 18 anggota tengah bersiap di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang akan berangkat menjemput bantuan alat kesehatan dari Tiongkok.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Mafindo

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X