3 Tips Mengembangkan Bisnis UKM Pendidikan Agar Berkembang Pesat

- 28 Desember 2021, 17:18 WIB
Pintek
Pintek /

PR DEPOK - Bisnis pendidikan hingga kini masih dianggap sebagai salah satu ladang usaha menjanjikan yang berpotensi mendorong bisnis berkembang dengan pesat dan meraup keuntungan dalam jumlah besar.

Hal ini sebenarnya terjadi bukan tanpa alasan, pasalnya tingginya kebutuhan pendidikan dari waktu ke waktu bahkan pada saat masa pandemi.

Salah satu pemilik UKM/vendor pendidikan CV Insan Kencana, Ma’ruf Ikhsan mengatakan, “Saya mulai terjun berbisnis di tahun 2013 dan menawarkan langsung ke sekolah-sekolah. Tapi di tahun 2019, saya terjun ke SIPLah dan mendapatkan omzet yang sangat drastis bahkan mencapai Rp 8 miliar dengan menjual buku dan perlengkapan elektronik.”

Baca Juga: Akan Jalani Tahun yang Hebat, Berikut Ramalan Zodiak Gemini, Libra, dan Aquarius di Tahun 2022

Melihat fakta ini, kebutuhan pendidikan tentunya menjadi peluang besar bagi para UKM atau vendor pendidikan untuk meraup keuntungan besar.
Tips Mengembangkan Bisnis Bagi UKM Pendidikan
Selain harus pandai melihat peluang dan kondisi pasar, para UKM/vendor pendidikan juga harus memahami faktor-faktor lain yang dapat membuat bisnis bisa berkembang pesat. Berikut tiga tips mengembangkan bisnis bagi para pelaku usaha di sektor pendidikan:

1. Aktif Mencari Konsumen

Kehadiran konsumen menjadi  faktor penting dalam menjalankan suatu bisnis di sektor apa pun. Pasalnya, dengan memiliki banyak konsumen maka peluang bisnis bagi para UKM pendidikan pun akan semakin terbuka lebar.

Namun, pelaku UKM tidak bisa hanya duduk manis menunggu pembeli datang tapi harus aktif mencari konsumen atau istilahnya gencar mengejar bola.

Anda dapat mengunjungi sekolah-sekolah untuk menanyakan terkait pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan, kemudian Anda bisa mempromosikan bisnis pendidikan yang dijalankan dan melakukan penawaran.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x