Akibat Virus Corona, Jokowi Minta Kemendag Mitigasi Dampak Pelemahan Ekonomi Global

- 6 Maret 2020, 10:58 WIB
JOKOWI
JOKOWI /instagram.com/jokowi/

PIKIRAN RAKYAT - Dampak penyebaran virus corona kini dirasakan oleh seluruh negara di dunia tak terkecuali Indonesia.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kepada jajarannya agar tetap fokus bekerja, memanfaatkan peluang, dan mencari jalan keluar.

Menurutnya di tengah situasi seperti ini, Jokowi menilai diperlukan adanya relaksasi bagi kebijakan impor bahan baku untuk kebutuhan industri.

Baca Juga: Usai Dikrtitik Warganet, Kominfo Sebut Foto Tara Basro Tak Langgar UU ITE

Pasalnya, penyebaran wabah virus corona telah membuat opeasional banyak perusahaan menjadi terganggu karena kekurangan bahan baku baik uang didatangkan dari lua maupun yang diproduksi dalam negeri.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, Jokowi meminta Kementerian Perdagangan untuk menggelar rapat kerja untuk fokus pada mitigasi dampak pelemahan ekonomi global di tengah wabah virus corona terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasional.

Menurutnya, dalam kondisi saat ini, dibutuhkan sejumlah kebijakan yang akan menjadi stimulus sekaligus untuk merespons perubahan situasi dan ekonomi global belakangan ini.

Baca Juga: Derby County vs Manchester United, 2 Gol Odion Ighalo Bawa Setan Merah Melaju ke Babak Enam Piala FA

"Tantangan yang kita hadapi saat ini betul-betul sangat tidak mudah. Perang dagang belum usai sekarang muncul virus corona yang itu menambah sulitnya ekonomi dunia," ujarnya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Kementerian Sektetariat Negara. 

Dia menambahkan suplai bahan baku akan tersendat akibat wabah virus corona apabila tak segera direspons dengan baik, maka pada akhirnya akan membuat sektor produksi turut terhambat.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kementerian Sekretariat Negara (setneg)


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x