Sri Mulyani: Recovery Ekonomi Usai Corona Diprediksi Terjadi pada Kuartal Terakhir 2020

- 16 April 2020, 08:54 WIB
SRI Mulyani menemani Presiden Joko Widodo dalam sidang G-20 pada Kamis 26 Maret 2020.*
SRI Mulyani menemani Presiden Joko Widodo dalam sidang G-20 pada Kamis 26 Maret 2020.* /INSTAGRAM @smindrawati/

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Keuangan, Sri Mulyani memprediksi recovery ekonomi usai pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia akan bisa berjalan paling tidak mulai kuartal terakhir tahun 2020 dan akselerasinya dilakukan di tahun 2021.

“Pertumbuhan ekonomi kita untuk kuartal kedua dan ketiga ini tekanannya akan sangat berat. Pada skenario kita yang berat itu ada di titik mendekati 0 dan kalau untuk kuartal keduanya, itu akan mendekati 0 atau bahkan mungkin bisa negatif.

"Namun di kuartal ketiga kita harapkan sudah mulai recovery,” kata Sri Mulyani usai Sidang Kabinet Paripurna (SKP) pada Selasa, 14 April 2020 sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Seandainya tidak sesuai prediksi, Sri Mulyani mengaku bahwa dalam skenarionya, kuartal kedua dan tiga kemungkinan memang tekanannya sangat besar, yaitu pertumbuhan bisa mendekati 0 dan 1,5 atau negatif di minus 2 persen.

Baca Juga: Terbuat dari Barang Bekas, Media Asing Soroti Bangunan Musala di Indonesia 

Kendati demikian, tetap diharapkan recovery sudah mulai terlihat berlangsung pada kuartal terakhir tahun ini dan diharapkan akan terus membaik di tahun 2021.

Untuk recovery ekonomi di tahun 2021, Sri memprediksi range pemulihan ada di angka antara 5,5 hingga 4,5.

Angka tersebut bisa naik atau turun tergantung kecepatan Indonesia menangani pandemi virus corona saat ini dan tergantung kondisi ekonomi di kuartal dua usai ini.

“Jadi hari-hari ini pun kalau kita membuat proyeksi, kita masih banyak sekali catatan. Namun tadi path-nya kita berharap kuartal ketiga dan kemudian akselerasinya di kuartal keempat, terutama pemulihan sudah bisa terlihat lebih indikasinya,” ujar dia.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x