Simak Cara Cek Bansos PBI yang Cair April 2022, Bisa Lewat HP untuk Akses Website cekbansos.kemensos.go.id

- 4 April 2022, 16:36 WIB
Berikut ini dirangkum cara cek bansos PBI 2022 yang cair pada bulan April ini, bisa lewat HP secara online.
Berikut ini dirangkum cara cek bansos PBI 2022 yang cair pada bulan April ini, bisa lewat HP secara online. /Kemenkes/

PR DEPOK – Bulan April 2022 rencananya bansos PBI akan dicairkan seperti bulan-bulan sebelumnya bagi masyarakat yang berhak.

Berdasarkan pengertiannya, bansos PBI 2022 merupakan Bantuan Sosial Penerima Bantuan Iuran yang berasal dari pemerintah untuk masyarakat yang berhak.

Namun perlu diketahui bahwa bansos PBI 2022 berbeda dengan bansos lainnya yang cair berbentuk uang, bansos PBI cair melalui mekanisme pembayaran langsung terhadap BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cara Daftar dan Kategori Bansos PKH yang Cair April 2022, Ada BLT Minyak Goreng hingga Anak Usia Dini

Perihal pencairan bansos PBI 2022, sebagaimana bulan Maret sebelumnya yang cair pada 21 atau 22 Maret, yang berarti bansos PBI direncanakan cair 21 atau 22 April 2022.

Jika merujuk kepada JKN Kemenkes, bansos PBI 2022 khusus diperuntukan bagi masyarakat yang kondisi ekonominya kurang mampu.

“Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan, peserta PBI adalah fakir miskin yang ditetapkan oleh Pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah,” tulis JKN.

Baca Juga: Sekelompok Aktivis Greenpeace Cegat Kapal Pertamina, Ini Kronologinya

Namun, bansos PBI 2022 juga diberikan kepada seseorang yang mengalami cacat total, sehingga tidak hanya untuk masyarakat dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu.

Halaman:

Editor: Gracia Tanu Wijaya

Sumber: cekbansos.kemensos.go.id jkn.kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah