Cara Daftar DTKS Kemensos Online agar Dapat PKH 2022, Cek Penerima Pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id

- 25 April 2022, 19:35 WIB
Tampilan laman utama DTKS Kemensos.
Tampilan laman utama DTKS Kemensos. /Dok. Setkab

PR DEPOK – Informasi cara daftar DTKS Kemensos secara online untuk mendapat bansos PKH 2022, serta cek penerima menggunakan KTP di cekbansos.kemensos.go.id akan diulas dalam artikel ini.

Perlu diketahui, DTKS Kemensos adalah sumber data utama yang digunakan pemerintah untuk mencairkan bansos regular Program Keluarga Harapan atau PKH 2022.

Adapun pengertian lengkap DTKS Kemensos adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang digunakan pemerintah melalui Kementerian Sosial atau Kemensos untuk mendata masyarakat miskin atau rentan miskin yang berhak mendapatkan bansos PKH 2022.

Baca Juga: Ini Daftar Pekerja Penerima BLT Subsidi Gaji, Siap-siap Bakal Dapat BSU Rp1 Juta

Data DTKS Kemensos tidak hanya digunakan untuk menjaring penerima bansos PKH, tetapi juga bansos BPNT.

Bahkan data DTKS Kemensos kerap digunakan secara lintas kementerian untuk menyalurkan program bansos lainnya, misalnya, bansos PBI dan lain sebagainya.

Khusus untuk program bansos Kemensos, cara daftar DTKS Kemensos awalnya hanya bisa dilakukan melalui RT/RW, kantor desa/kelurahan, dan dinas sosial.

Baca Juga: Link bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk Cek Penerima BSU 2022, Login Sekarang untuk Dapat BLT Rp1 Juta

Namun, Kemensos sudah mengembangkan cara daftar DTKS Kemensos secara online melalui aplikasi yang disebut Cek Bansos sejak tahun 2021 guna menjaring masyarakat penerima bansos seperti PKH 2022.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Kemensos Indonesia Baik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah