Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP di Aplikasi Cek Bansos agar Dapat Bantuan PKH atau BPNT Sembako

- 7 Juli 2022, 13:55 WIB
Ilustrasi - Berikut cara daftar DTKS 2022 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat bantuan BPNT Kartu Sembako atau PKH.
Ilustrasi - Berikut cara daftar DTKS 2022 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat bantuan BPNT Kartu Sembako atau PKH. /Dok Kemensos

PR DEPOK - DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan basis data yang dimanfaatkan pemerintah untuk membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Dengan mendaftar di DTKS, masyarakat dari keluarga miskin berkesempatan mendapat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, seperti PKH atau BPNT Kartu Sembako.

Kabar baiknya, pendaftaran DTKS 2022 sudah dapat dilakukan secara online dengan menggunakan handphone (HP) di aplikasi Cek Bansos, yang bisa diunduh melalui Play Store.

Aplikasi Cek Bansos ini lalu dapat digunakan untuk mendaftarkan diri atau keluarga terdekat ke DTKS Kemensos agar terdata sebagai penerima bantuan, baik PKH maupun BPNT.

Baca Juga: Akses Link cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima PKH 2022 Tahap 3 Online Lewat HP

Namun sebelumnya, artikel ini akan membahas secara garis besar bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako, yang menjadi bansos paling banyak dicari informasinya.

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah salah satu bantuan yang diberikan kepada keluarga miskin dengan kategori tertentu.

Bantuan ini lebih berfokus membantu perekonomian keluarga yang memiliki sejumlah komponen, seperti ibu hamil, anak balita, anak sekolah, penyandang disabilitas dan lansia.

Baca Juga: Cek Penerima BPNT 2022 Online Lewat HP di Link cekbansos.kemensos.go.id

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah