Hanya Butuh HP dan KTP, Simak Cara Daftar DTKS Kemensos untuk Dapatkan BPNT, PKH, BST, hingga PBI

- 22 Juli 2022, 13:08 WIB
Simak penjelasan tentang cara daftar DTKS di aplikasi Cek Bansos agar siswa SD hingga SMA dapat PKH anak sekolah.
Simak penjelasan tentang cara daftar DTKS di aplikasi Cek Bansos agar siswa SD hingga SMA dapat PKH anak sekolah. /Kemensos/

PR DEPOK - Informasi tentang cara daftar DTKS Kemensos yang hanya membutuhkan HP dan KTP saja, untuk dapatkan bansos mulai dari BPNT, PKH, BST, Hingga PBI, tersedia dalam artikel ini.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan program resmi Kementerian Sosial (Kemensos), untuk mengumpulkan data masyarakat kurang mampu di Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar DTKS Kemensos, bisa secara online maupun secara langsung, melalui Dinsos (Dinas Sosial), Kelurahan/kecamatan, RT/RW setempat.

Baca Juga: BPNT Kartu Sembako Masih Cair Juli 2022, Simak Cara Cek Online di cekbansos.kemensos.go.id

Sedangkan, bila ingin mendaftar secara online, masyarakat bisa langsung download aplikasi "cek bansos kemensos" di Google Playstore, yang hanya membutuhkan HP dan KTP saja untuk memverifikasi data diri yang diminta nantinya.

Sementara itu, bila masyarakat telah terdaftar dalam DTKS Kemensos, masyarakat bisa mendapatkan salah satu program bansos dari pemerintah dan kemensos seperti PKH, BPNT, BST, hingga PBI.

Beberapa jenis bansos dari Pemerintah dan Kemensos tersebut, tentunya juga akan berbeda-beda besaran dana yang disalurkan.

Baca Juga: BPNT Bulan Juli 2022 Kapan Cair? Simak Jadwal Pencairan serta Cara Cek Nama Penerima Bansos Sembako Rp200.000

Namun, berbeda dengan jenis program bansos lainnya, untuk bantuan sosial jenis PBI tidak dapat dicairkan secara tunai, dan tidak akan masuk ke rekening pribadi, bagi penerimanya.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x