Cara Daftar DTKS 2022 Online Lewat HP di Aplikasi Cek Bansos

- 20 Agustus 2022, 22:02 WIB
Ilustrasi - Simak penjelasan cara daftar DTKS 2022 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat bantuan PKH atau BPNT Kartu Sembako.
Ilustrasi - Simak penjelasan cara daftar DTKS 2022 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat bantuan PKH atau BPNT Kartu Sembako. /Dok. Kemensos

PR DEPOK - Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah basis data yang digunakan Kementerian Sosial (Kemensos) dalam mengelola bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat miskin. 

Dengan adanya DTKS, pemerintah lebih mudah menyalurkan bansos seperti BPNT Kartu Sembako atau PKH kepada keluarga miskin atau rentan dengan tepat sasaran. 

Pendaftaran DTKS 2022 ini pun sudah bisa dilakukan mandiri secara online dengan hanya memanfaatkan handphone (HP) dan aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh lewat Play Store. 

Simak artikel ini sampai selesai karena akan membahas cara daftar DTKS 2022 secara online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar mendapat bantuan BPNT Kartu Sembako atau PKH. 

Baca Juga: Cek Penerima BLT Balita 2022 Online Lewat HP, Dapatkan Bansos Rp750.000 untuk Anak Usia Dini 0-6 Tahun

Pendaftaran DTKS ini awalnya dilakukan secara manual oleh masyarakat dengan bantuan RT/RW atau petugas kelurahan setempat. 

Namun Kemensos akhirnya membuat platform aplikasi Cek Bansos yang disediakan untuk membantu masyarakat miskin mendaftar DTKS secara mandiri. 

Pendaftaran DTKS lewat aplikasi Cek Bansos ini terhitung mudah karena hanya menggunakan HP dan koneksi internet serta berkas KTP dan KK untuk pengisian data. 

Baca Juga: BPNT dan PKH Masih Cair Agustus 2022, Yuk Daftar Bansos Kemensos Lewat HP di Aplikasi Cek Bansos

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x