Bisa Pengaruhi Kesuburan, Simak 5 Gangguan Haid pada Wanita yang Harus Diwaspadai

- 3 September 2022, 21:40 WIB
Ilustrasi - Berikut 5 gangguan haid atau menstruasi pada wanita yang harus diwaspadai karena berpengaruh pada kesuburan.
Ilustrasi - Berikut 5 gangguan haid atau menstruasi pada wanita yang harus diwaspadai karena berpengaruh pada kesuburan. /Pixabay/

PR DEPOK - Menstruasi atau haid adalah salah satu siklus normal yang dialami wanita, dengan terjadinya pendarahan pada vagina.

Biasanya wanita yang akan mengalami haid akan merasakan tanda-tanda seperti rasa nyeri, dan perubahan mood yang signifikan.

Namun tahukah Anda bahwa rasa nyeri saat haid ternyata merupakan hal yang seharusnya tidak terjadi? hal itu dijelaskan oleh Dokter Spesialis Obstetrisian dan Ginekolog (Obgyn) Brawijaya Hospital Antasari, dr. Mohammad Haekal, SpOG.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Peradangan Tubuh, Berikut 5 Minuman yang Harus Dihindari

Dalam keterangannya, Mohammad Haekal menjelaskan alasan terjadinya rasa nyeri ketika wanita menjelang atau sedang mengalami haid.

"Kodratnya seharusnya tidak nyeri. Cuma pada awal, terutama awal-awal mens itu terkadang bisa terjadi nyeri karena ada penyebabnya, disebutnya dismenore sekunder. Atau bisa juga karena banyaknya jumlah menstruasi itu, disebutnya dismenore primer. Tapi yang ada penyebabnya salah satunya adalah endometriosis," kata Haekal seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Kemudian, Mohammad Haekal pun mengungkapkan lima gangguan haid pada wanita, dan menyarankan agar segera memeriksakan diri apabila mengalami salah satunya.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Secara Online Lewat Link www.prakerja.go.id

Pemeriksaan diri ke rumah sakit tersebut menurutnya dilakukan agar gangguan haid yang dialami itu bisa diatasi dengan segera.

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x