Cek Penerima Bantuan Set Top Box (STB) Gratis Lewat HP

- 11 Desember 2022, 19:03 WIB
Ilustrasi - Berikut cara cek penerima bantuan Set Top Box (STB) gratis secara online lewat HP di cekbantuanstb.kominfo.go.id atau cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi - Berikut cara cek penerima bantuan Set Top Box (STB) gratis secara online lewat HP di cekbantuanstb.kominfo.go.id atau cekbansos.kemensos.go.id. //Dok. Kominfo

PR DEPOK - Seiring dilakukannya perpindahan dari TV analog ke TV digital, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyediakan bantuan berupa perangkat Set Top Box (STB) secara gratis. 

Perangkat STB yang digunakan untuk menangkap sinyal TV digital ini diberikan pemerintah kepada masyarakat dari keluarga miskin atau rentan miskin. 

Bagi masyarakat yang ingin mendapat bantuan tersebut, dapat dilakukan cek penerima bantuan Set Top Box (STB) secara online dengan membuka laman cekbantuanstb.kominfo.go.id atau cekbansos.kemensos.go.id.

Laman cekbantuanstb.kominfo.go.id dan cekbansoskemensos.go.id merupakan website resmi dari pemerintah yang bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat handphone (HP) yang terkoneksi dengan internet. 

Baca Juga: Login pip.kemdikbud.go.id untuk Cek Nama Penerima PIP 2022 Online Pakai NISN

Sebagai informasi, Analog Switch Off (ASO) atau migrasi dari TV analog ke TV digital telah dilakukan pemerintah sejak November lalu dan mulai meluas pada Desember 2022. 

Dengan dilakukan ASO, masyarakat pemilik TV analog yang tidak menerima siaran TV digital harus menggunakan perangkat konverter berupa Set Top Box (STB). 

Mengingat tak semua masyarakat mampu membeli STB, Kominfo akhirnya membagikan bantuan Set Top Box gratis pada keluarga miskin atau rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Baca Juga: Cek Bansos PKH Desember 2022 Online Pakai KTP

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x