Info Bansos PKH dan BPNT Februari 2023: Jadwal Cair, Cara Cek Penerima, dan Besaran Bantuan per Orang

- 16 Februari 2023, 21:45 WIB
Simak informasi lengkap terkait bansos PKH dan BPNT bulan Februari 2023, termasuk jadwal cair dan cara cek penerima.
Simak informasi lengkap terkait bansos PKH dan BPNT bulan Februari 2023, termasuk jadwal cair dan cara cek penerima. /Kemensos/

PR DEPOK – Simak informasi terbaru bansos PKH dan BPNT bulan Februari 2023, termasuk jadwal cair, cara cek penerima, dan besaran bantuan per orang.

Seperti diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan dua jenis bansos Kemensos yang termasuk dalam program perlindungan sosial (Perlinsos).

PKH dan BPNT 2023 disalurkan untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia.

“Kami terus melakukan penanganan kemiskinan agar mereka segera keluar dari kemiskinannya. Jadi, bukan dipelihara kemiskinannya,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini usai Rapat Kerja dengan Komisi VIII di Gedung DPR Jakarta, pada Rabu 8 Februari 2023 seperti dikutip dari Pikiranrakyat-Depok.com dari situs resmi Kemensos.

Baca Juga: BLT Balita Tahap 1 Cair Rp750.000 di Februari 2023? Cek Secara Online via cekbansos.kemensos.go.id

Pada tahun 2023, jumlah penerima PKH dan BPNT sama seperti tahun lalu. PKH disalurkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sedangkan BPNT menyasar 18,8 juta KPM.

Untuk memastikan penerima bansos PKH dan BPNT 2023 tepat sasaran, Kemensos hingga Februari 2023 ini masih memperbaharui data penerima kedua bansos tersebut.

Sementara itu, anggaran PKH dan BPNT 2023 senilai Rp74 triliun masih diblokir oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Jadi, Kemensos sedang mengupayakan pembatalan blokirnya.

“Kami berkomunikasi dengan Komisi VIII soal anggaran yang diblokir Kemenkeu dan akan dibuka sebagai wujud dukungan akselerasi penanganan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Kemensos. Saat pandemi anggaran kami Rp 91 triliun dan setelah bantuan pandemi dihapus kini anggaran Kemensos Rp 74 triliun,” katanya.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x