Inovasi Kemensos: Program Kebersamaan Berbagi Makanan untuk Lansia dan Penyandang Disabilitas

- 4 Juli 2023, 15:36 WIB
Inovasi Kemensos: Program Kebersamaan Berbagi Makanan untuk Lansia dan Penyandang Disabilitas.
Inovasi Kemensos: Program Kebersamaan Berbagi Makanan untuk Lansia dan Penyandang Disabilitas. /Pixabay/ahmadi19

PR DEPOK – Kini, kemajuan teknologi dan informasi semakin memudahkan kita dalam berbagi cerita dan kebahagiaan dengan dunia. Namun, sayangnya, tidak semua cerita bahagia terekspresikan, terutama bagi lansia dan penyandang disabilitas yang hidup sendiri di berbagai pelosok negeri.

Realitas ini menunjukkan bahwa masih banyak dari mereka yang terlantar, kelaparan, bahkan meninggal dunia tanpa dideteksi oleh siapapun.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menyadari akan tantangan tersebut dan menegaskan komitmen untuk menghadirkan solusi nyata. Dengan keberanian dan semangat yang membara, Kemensos memperkenalkan Program Kebersamaan Berbagi Makanan yang menjadi bagian terobosan dalam upaya pengentasan kemiskinan dan perlindungan sosial.

Pada Tahun Anggaran 2023, program ini menargetkan untuk mencapai 100.000 lansia tunggal dan 33.774 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bikin Ketagihan! Ini dia 5 Tempat Makan Bakso di Malang, Cek Alamat dan Jam buka disini

Disampaikan, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Pepen Nazaruddin, ketika memberikan penjelasan dalam Forum Salemba 28 yang berlangsung di Kantor Kementerian Sosial pada hari Jumat, 23 Juni lalu. Dalam kebersamaannya ditemukan makna sesungguhnya dari kehidupan.

Program Kebersamaan Berbagi Makanan kami berfokus untuk memberikan bantuan pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh lansia dan penyandang disabilitas. Dengan menyajikan menu gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, kami ingin memastikan kualitas hidup mereka meningkat.

“Program permakanan ini relatif baru karena baru dilaksanakan di tahun 2022 dan dilanjutkan di tahun 2023. Permakanan ini diantar langsung ke penerima dengan menu yang memenuhi gizi para lansia/ disabilitas,” kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Pepen Nazaruddin saat memberikan arahan pada Forum Salemba 28 di Kantor Kementerian Sosial, dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari kemensos, pada Jumat (23/06).

Forum Salemba 28 merupakan acara yang diadakan secara berkala sebagai media komunikasi antara Kementerian Sosial dan berbagai perwakilan media massa. Pada kesempatan ini, tema yang diangkat adalah "Kebersamaan Berbagi Makanan: Mewujudkan Hidup Sehat dan Bergizi bagi Lansia Tunggal dan Penyandang Disabilitas."

Halaman:

Editor: Tesya Imanisa

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x