Bansos PKH Tahap 3 Sudah Cair! Buruan Simak Cara Mudah Cek Nama Penerima di Sini

- 10 Juli 2023, 14:35 WIB
Berikut ini cara cek nama penerima bansos PKH tahap 3 yang dikabarkan sudah cair pada bulan Juli 2023.*
Berikut ini cara cek nama penerima bansos PKH tahap 3 yang dikabarkan sudah cair pada bulan Juli 2023.* /pkh.kemsos.go.id/

PR DEPOK - Informasi mengenai singkat mengenai bansos PKH tahap 3 yang sudah cair bulan Juli ini, serta cara mudah cek nama penerimanya, bisa Anda simak selengkapnya di sini.

Mulai bulan Juli sampai September 2023, pemerintah Indonesia secara resmi mulai melanjutkan penyaluran beberapa jenis bansos, termasuk Program Keluarga Harapan (PKH).

Pemerintah memiliki tujuan untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat di Indonesia, dengan penyaluran beberapa program bansos lainnya seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Permakanan untuk lansia dan disabilitas mandiri, PIP Kemdikbud, Kartu Prakerja, Bantuan Layanan Tunai (BLT) dana desa, Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan BPJS (PBI JK), dan tanggap bencana.

Lantas siapa saja penerima dari Pemerintah? Penerimanya adalah KPM (keluarga penerima manfaat), yang namanya telah terdaftar atau didaftarkan dalam sistem DTKS Kemensos.

Baca Juga: Rekomendasi Mie Ayam Bakso Enak di Cikampek? Rasanya Bikin Ngiler di Lidah

Untuk menjadi salah satu penerima program bansos PKH tahap 3 bulan Juli, masyarakat sebelumnya harus terdaftar atau mendaftarkan data dirinya di sistem DTKS (Data Terpadu Kesejhteraan Sosial) Kemensos.

Pendaftaran DTKS Kemensos bisa Anda lakukan dengan dua cara, yakni secara online atau secara langsung melalui Dinsos (Dinas Sosial), Kecamatan/Kelurahan, RT/RW sesuai dengan domisili Anda.

Mengenai pendaftaran DTKS Kemensos secara online, masyarakat tinggal mendownload "Aplikasi Cek Bansos" di Google Playstore, serta mengisi data diri yang diminta seperti yang tercantum di KTP pendaftarannya.

Jika sebelumnya Anda telah terdaftar di sistem DTKS Kemensos, masyarakat tinggal melakukan cek nama penerima bansos PKH tahap 3 melalui situs resmi pemerintah di cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Prestasi Anak Bangsa, Tiga Tim dari Universitas Asal Indonesia Ikut Shell Eco-marathon World Championship 2023

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah