Cara Jadi Penerima BLT El Nino 2023 Sebesar Rp200.000 per Bulan, Apakah Namamu Terdaftar?

- 28 Oktober 2023, 14:44 WIB
Ilustrasi Bantuan Langsung Tunai El Nino 
Ilustrasi Bantuan Langsung Tunai El Nino  /Pixabay/IqbalStock/

PR DEPOK - Presiden Joko Widodo akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino 2023 sebesar Rp200.000 kepada masyarakat atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM.

BLT El Nino 2023 disalurkan bagi mereka yang memenuhi syarat, sebagai upaya membantu meningkatkan perekonomian akibat dari dampak kemarau panjang atau sering dikenal dengan dampak El Nino.

Menurut informasi, BLT El Nino 2023 akan mulai disalurkan pada November 2023 sebesar Rp200.000 per bulan selama dua bulan. Itu berarti Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing akan mendapatkan bantuan senilai Rp400.000 untuk periode bulan November dan Desember 2023.

Baca Juga: Kunjungi 5 Tempat Wisata Seru dan Ramah Anak di Tulungagung

Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino?

Cara untuk mendapatkan bantuan langsung tunai sebesar Rp200.000 tersebut adalah nama Anda harus terdaftar sebagai penerima manfaat terlebih dahulu. Sementara untuk mengetahui nama Anda sudah terdaftar sebagai KPM atau belum, bisa mengeceknya langsung melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Jika nama Anda sudah terdaftar, selanjutnya tinggal menunggu waktu pencairan pada bulan November 2023 mendatang. Sedangkan jika nama Anda belum terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat, Anda harus masuk terlebih dahulu dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Kapan Sebenarnya Bansos PKH Tahap 4 2023 akan Cair? Cek di Sini Penjelasannya

Sementara itu, untuk masuk ke dalam DTKS, bisa mengajukan diri langsung ke Kelurahan atau bIsa mendaftarkan diri secara online untuk masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan sosial (DTKS).

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x