BLT El Nino untuk Siapa? Simak Jadwal Penyaluran Bantuannya Disini

- 23 November 2023, 12:28 WIB
Berikut informasi siapa penerima serta jadwal penyaluran BLT El Nino 2023, bansos bagi warga terdampak fenomen El Nino.*
Berikut informasi siapa penerima serta jadwal penyaluran BLT El Nino 2023, bansos bagi warga terdampak fenomen El Nino.* /Antara/Kornelis Kaha

PR DEPOK - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemberitahuan secara tertulis mengenai rangkaian kebijakan sebagai langkah tanggap terhadap dampak kemarau panjang yang disebabkan oleh fenomena alam El Nino.

Dalam menghadapi situasi ekonomi yang sulit, pemerintah telah menyusun tiga paket kebijakan sebagai langkah responsif. Salah satunya adalah BLT El Nino.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini akan diberikan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino. Pemberian BLT El Nino diharapkan tepat sasaran, serta dilaksanakan secara bijaksana, adil, dan terencana.

Penyaluran BLT El Nino

Baca Juga: Apakah BLT El Nino 2023 Penipuan? Cek Fakta dan Informasi Pencairan di Sini

BLT El Nino rencananya akan dibagikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total dana sebesar Rp7,52 triliun. Hal ini sebagaimana diumumkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk akhir tahun 2023.

Awalnya, BLT El Nino direncanakan akan dicairkan selama bulan November dan Desember 2023 dengan besaran Rp200 ribu per bulan. Namun, terjadi perubahan dalam rencana pelaksanaan, di mana realisasi BLT akan dilakukan dalam satu penyaluran sekaligus dengan jumlah Rp400.000.

Pemberian bantuan tersebut memang bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak oleh badai El Nino. Meskipun demikian, tidak semua masyarakat dijamin menerima BLT El Nino) ini.

Oleh karena itu, Pemerintah harus melakukan pembaruan data penerima bantuan sosial agar masyarakat yang benar-benar terdampak oleh badai El Nino dapat mendapatkan haknya secara tepat dan adil.

Baca Juga: Wow Menggiurkan! Inilah 6 Mie Ayam Terbaik dan Terenak yang Rekomen Banget di Probolinggo

Siapa Saja Penerima BLT El Nino?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, BLT El Nino dikhususkan untuk masyarakat yang benar benar terdampak akibat fenomena alam tersebut. Tidak semua akan menerimanya, hanya 18,8 juta KPM saja yang akan menerimanya.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x