Benarkah Pendaftaran BLT El Nino 2023 Lewat Link? Ini Kata Kemensos

- 25 November 2023, 11:56 WIB
HOAKS - Beredar pesan berantai link pendaftaran bansos BLT El Nino 2023 dengan bantuan sebesar Rp400.000.*
HOAKS - Beredar pesan berantai link pendaftaran bansos BLT El Nino 2023 dengan bantuan sebesar Rp400.000.* /Pixabay/mohamed_hassan./

PR DEPOK - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino direncanakan akan diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan total dana mencapai Rp7,52 triliun. Pengumuman ini dilakukan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk akhir tahun 2023.

Pemerintah berencana memberikan BLT kepada masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino. Distribusi BLT El Nino diharapkan dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran, bijaksana, adil, dan terencana.

Awalnya, BLT El Nino direncanakan akan disalurkan selama bulan November dan Desember 2023, dengan besaran Rp200 ribu per bulan. Namun, terjadi perubahan dalam pelaksanaan, di mana realisasi BLT akan dilakukan dalam satu penyaluran sekaligus dengan jumlah Rp400.000.

Pendaftaran BLT El Nino

Baca Juga: 9 Alamat Sate Madura Enak Te Nan dan Terkenal di Cilegon Banten, Bumbu dan Dagingnya Rekomen Banget!

Sebuah pesan WhatsApp beredar di masyarakat. pesan tersebut berisi memberikan informasi tentang BLT El Nino senilai Rp400 ribu dengan batas pendaftaran hingga tanggal 30 Desember 2023 melalui sebuah tautan.

“Kabar gembira pemerintah akan memberikan bantuan tambahan BLT EL NINO Rp400.000. Segera Daftarkan Anda Segera, Pendaftaran Akan Ditutup,” tulis pesan tersebut sambil menyertai tata cara dan link-nya.

“Setelah mendaftar pada link di atas, Bantuan BLT El Nino akan disubsidikan setelah 1x24 jam,” lanjut isi pesan tersebut.

Lalu, benarkah isi dari pesan tersebut? Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Ramai Pol! Ini Rekomendasi 8 Seafood Terlaris dan Terenak di Makassar, Andalan Kuliner Wisatawan

Klarifikasi Kementerian Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), melalui akun Instagram resminya @kemensosri, memberikan klarifikasi bahwa Kemensos tidak pernah membuat situs atau tautan terkait pendaftaran atau pencairan bantuan sosial. Selain itu Kemensos juga berharap agar masyarakat berhenti menyebar berita bohong tersebut.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x