Inilah 4 Penyebab Penerima BPNT dan PKH Tak Menerima Lagi Bansos 10 Kg

- 3 Februari 2024, 14:15 WIB
Bantuan sosial pangan beras 10 Kg merupakan bantuan sosial yang dikeluarkan pemerintah yang berasal dari program BLT El Nino
Bantuan sosial pangan beras 10 Kg merupakan bantuan sosial yang dikeluarkan pemerintah yang berasal dari program BLT El Nino /Pikiran Rakyat/Ririn Nur Febriani/

PR DEPOK - Banyak yang mempertanyakan terkait penerima bantuan BPNT dan PKH tak lagi menjadi penerima bantuan pangan beras 10 kg. Hal itu disebabkan karena ada beberapa faktor yang menjadikan peserta BPNT dan PKH tak lagi menerima bantuan beras 10 kg.

Bantuan sosial pangan beras 10 Kg merupakan bantuan sosial yang dikeluarkan pemerintah yang berasal dari program BLT El Nino yang merupakan bantuan yang disalurkan kepada Penerima Manfaat yang terdampak oleh fenomena El Nino yang terjadi.

Pada Tahun 2023, Penerima bantuan ini merupakan peserta BPNT dan PKH yang datanya diambil dari data Kemensos. Namun, Pemerintah memperketat penyaluran bansos pada tahun 2024, bahwa penerima bantuan beras 10 Kg tak lagi diberikan kepada peserta BPNT dan PKH.

Lantas apa penyebabnya penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) tak lagi menerima bantuan pangan tersebut?

Baca Juga: Kapan KJP Plus Februari 2024 Cair pada Siswa? Cek Tanggal Pencairan dan Status Pencairan di Sini

Dikutip dari sebuah akun Tiktok dengan nama @kasikesradesa menyebutkan bahwa, penyebab pertama Perubahan penerima bansos beras 10 Kg itu disebabkan karena pemerintah mengambil data dari Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) yang dikelola oleh Kemenko PMK.

Sebelumnya, data yang digunakan untuk penerima bansos tersebut diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos RI, tetapi pada tahun 2024 pemerintah merubah penerima bantuan berdasarkan penerima yang termasuk ke dalam data penghapusan kemiskinan ekstrim.

Kedua, bantuan sosial pangan tersebut bukan berasal dari Kemensos, melainkan dari Badan Ketahanan Pangan Nasional.

Ketiga, data yang menjadi acuan penyaluran bansos tersebut merupakan data lama pada tahun 2019, alhasil penerima yang saat ini mendapatkan bantuan pangan beras 10 kg yang terlihat sebagai penerima yang dikategorikan warga mampu, kemungkinan pada saat itu mereka memiliki ekonomi sulit dari segi pendapatan.

Baca Juga: 15 Contoh Ucapan Memperingati Isra Mi’raj 2024 Singkat dan Bermakna, Pas Buat Status di Media Sosial

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x