Indonesia Digital Testing House Diresmikan, Presiden Jokowi Sampaikan Hal ini

- 7 Mei 2024, 13:30 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /Instagram/@jokowi

PR DEPOK - Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan Indonesia Digital Testing House (IDTH), sebuah fasilitas pengujian perangkat digital dan telekomunikasi yang menjadi yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

Dalam pidatonya saat peresmian IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat, beliau menyampaikan rasa syukur atas kehadiran IDTH sebagai wujud nyata dari standar internasional dalam pengujian perangkat digital.

Presiden menjelaskan bahwa IDTH akan menjadi pusat sertifikasi perangkat digital terdepan di Asia Tenggara, menggantikan peran Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT).

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Bakso Legendaris di Mataram, Baksonya Enak juga Murah, Yuk, Cek Alamatnya

Fasilitas ini tidak hanya menjadi tempat uji sertifikasi, tetapi juga diharapkan mampu menghasilkan inovasi dan memperkuat ekosistem teknologi digital lokal.

Seluruh perangkat digital, mulai dari laptop hingga radar, akan diuji di IDTH sebelum dipasarkan, untuk memastikan standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan yang tinggi bagi pengguna.

Presiden juga menekankan pentingnya keterlibatan Kementerian Kominfo, perguruan tinggi, perusahaan rintisan (startup), dan pelaku UMKM dalam mendukung riset dan pengembangan (RnD) serta penerapan paten dalam industri teknologi.

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga menyoroti dampak positif IDTH terhadap pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Keberadaan IDTH di Depok, Jawa Barat, diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik yang semakin pesat.

Baca Juga: Indonesia vs Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024 Jam Berapa? Berikut Jadwal dan Link Streaming untuk Nobar

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah