Sudah Jadi Pakaian Keseharian, Fesyen Muslim Miliki Potensi Tingkatkan Sektor Perekonomian Indonesia

- 23 Oktober 2020, 15:06 WIB
Ilustrasi fesyen muslim.*
Ilustrasi fesyen muslim.* /Antara/Nanien Yuniar./

PR DEPOK - Mayoritas masyarakatnya beragama Islam, membuat sektor busana muslim di Indonesia pun kian meningkat. Fesyen muslim tersebut pun cakupannya meluas, bukan hanya dalam negeri tetapi hingga mancanegara.

Sektor busana atau fesyen muslim berpotensi untuk memberikan kontribusi kepada sektor perekonomian Indonesia. Hal ini karena fesyen Muslim di Indonesia sudah menjadi pakaian keseharian.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia, M. Anwar Bashori.

Baca Juga: Demi Dapatkan Tambahan Uang Jajan, Sejumlah Mahasiswa di AS Nekat Suntik Covid-19 ke Tubuhnya

"Dengan adanya halal lifestyle, pasar Indonesia luar biasa, apalagi jika bisa dikembangkan dan terus diproduksi," ucap Anwar, melalui diskusi daring, Kamis 22 Oktober 2020.

Lanjutnya, Anwar menilai dengan adanya pandemi Covid-19 yang menuntut segala aktivitas beralih menjadi digital dan virtual, bisa menjadi peluang baru bagi para pelaku di industri fesyen untuk merambah pasar lebih luas lagi, dengan mengikuti berbagai gelaran fesyen internasional secara virtual.

"Harapannya, dengan adanya fesyen week, dan gelaran fesyen lain, bisa jadi kesempatan ekspansi, terlebih dengan virtual showcase juga bisa jadi jalan dan kontribusi ekonomi Indonesia," ujar anwar.

Anwar optimistis bahwa fesyen dan busana Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain. Menurut Anwar, kekuatan Indonesia berada di nilai lokal dan budaya (local wisdom and herritage value) yang terpampang di kain-kain tradisional hingga model busananya.

Baca Juga: Sempat Akan Menyobek Jilbab Korban, Pelaku Penikaman 2 Wanita Muslim di Prancis Diduga Anti-Islam

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah