Kilas Balik Kontroversi Tugu Cornelis Chastelein, Tokoh Penjajah yang Dicintai Pribumi Namun Ditentang Pemerintah Depok

1 Februari 2020, 15:49 WIB
TUGU Cornelis Chastelein, mengenang jasa sang penjajah humanis.* /Pemerintah Depok/

PIKIRAN RAKYAT - Warga Depok kiranya pernah tahu tentang keberadaan Tugu Cornelis Chastelein yang mendapat kecaman sehingga diharamkan dibangun di Depok.

Belakangan, di Depok pernah ada peristiwa menarik yang terjadi akibat perselisihan antara warga dan pemerintah kota.

Pemicunya tak lain adalah pembangunan Tugu Cornelis Chastelein yang berlokasi di Jalan Pemuda, Rumah Sakit Harapan, Depok.

Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) hingga kini tidak mengetahui pasti alasan jelas penolakan tersebut. YLCC sendiri merupakan komunitas yang terus merawat dan memperjuangkan keberadaan Tugu Cornelis tersebut.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Akhir Pekan di Depok yang Cocok Untuk Bersantai Bersama Keluarga 

Dari berbagai sumber yang didapat, tempo dulu ada seorang Belanda bernama Chastelein yang datang ke Indonesia pada tahun 1675 untuk bekerja pada VOC. Setelah 19 tahun masa kerjanya, ia putuskan untuk penisun karena tak sepaham dengan pimpinan VOC yang baru.

Chastelein yang sudah pensiun, membeli seluas lahan di pinggiran Jakarta yang kini dikenal dengan nama Depok. Ia mempekerjakan sekitar 150 pribumi yang didatangkan dari berbagai wilayah di Nusantara.

Sebelum meninggal, Chastelein menuliskan sebuah wasiat agar lahan yang dibelinya lalu diberikan kepada para pribumi yang bekerja padanya.

Baca Juga: Tak Perlu Antre, Kini Pendaftaran Puskesmas di Depok Berbasis Online 

Editor: M Bayu Pratama

Tags

Terkini

Terpopuler