Soroti Wacana Impor Garam 3 Juta Ton, Susi Pudjiastuti: Tolonglah Pak Jokowi, Pikirkan Nasib Para Petani

- 21 April 2021, 18:20 WIB
Susi Pudjiastuti.
Susi Pudjiastuti. /Twitter @susipudjiastuti/
PR DEPOK - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti belum lama ini memohon dengan sangat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar memikirkan nasib para petani garam
 
Permintaan itu disampaikan berkenaan dengan wacana impor garam sebanyak 3 juta ton yang akan dilakukan oleh pemerintah.
 
Bila wacana tersebut direalisasikan pemerintah, Susi berpendapat bahwa garam yang dihasilkan oleh para petani lokal tidak akan laku seperti pada dua tahun terakhir. 
 
 
"Bila Impor 3 jt Ton maka garam petani tidak akan laku lagi seperti 2 tahun terakhir," kata Susi Pudjiastuti seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari akun Twitter @susipudjiastuti pada Rabu, 21 April 2021.
 
Dibanding mesti mengimpor sebanyak 3 juga ton, Susi lebih menyarankan agar Presiden Jokowi mengembalikan jumlah impor garam ke angka 2,1 juta ton. 
 
Kebijakan itu dilakukan agar garam untuk konsumsi bisa diambil pemerintah dari hasil dari para petani
 
Cuitan Susi Pudjiastuti.
Cuitan Susi Pudjiastuti.
 
"Tolonglah Pak @jokowi ... kembalikan jumlah impor ke angka 2.1 jt ton saja.. supaya Garam konsumsi bisa memakai garam petani," ucapnya. 
 
Mempertimbangkan kerugian yang akan didapat oleh petani, Susi tampak memohon dengan sangat agar Presiden Jokowi memikirkan nasib para petani garam.
 
Cuitan Susi Pudjiastuti.
Cuitan Susi Pudjiastuti.
 
"Mohon dipikirkan nasib mereka (petani garam). Mohon sekali.. mohon dengan sangat," ujar Susi menambahkan. 
 
 
Diketahui sebelumnya, wacana impor garam sempat disoroti oleh sejumlah pihak seperti halnya wacana impor beras. 
 
Pasalnya impor garam tersebut dilakukan dalam jumlah banyak dan diduga akan berdampak pada para petani lokal.
 
Informasi terkait wacana impor garam itu sempat dipaparkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi, Safri Burhanuddin dalam konferensi pers yang digelar secara virtual tentang Major Project 2021 Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim.
 
 
Safri memperkirakan bahwa produksi garam pada tahun ini akan lebih sedikit. Maka dari itu pemerintah merencanakan akan mengimpor garam sebanyak 3 juta ton
 
"Tahun ini diperkirakan 4,6 juta kebutuhannya. Sedangkan produksi dalam negeri kita itu bervariasi tergantung, tentu saja iklim. Tapi tahun ini kita diperkirakan akan kita produksi 2,1 juta, berarti kita akan impor kurang lebih sekitar kalo kita lihat di 3 juta rencana impornya," kata Safri pada 10 Maret 2021 di kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.***

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X