Ramai Dibicarakan di Tiongkok, Kasus Hantavirus Juga Pernah Terjadi di Indonesia

- 26 Maret 2020, 07:31 WIB
ILUSTRASI tikus sebagai hewan pembawa hantavirus.*

PIKIRAN RAKYAT – Masyarakat dikejutkan dengan informasi yang menyebut kemunculan virus baru di Tiongkok bernama Hantavirus.

Perbincangan itu terjadi lantaran kematian seseorang yang dikabarkan disebabkan virus yang pertama kali muncul di Tiongkok pada seorang pria di Hainan, Tiongkok.

Namun faktanya, hantavirus pertama kali ditemukan pada 1951 silam di Korea.

Saat itu hantavirus menginfeksi lebih dari 3.000 tentara Amerika yang tengah berada di Korea dan kemudian virus tersebut menyebar ke Amerika.

Baca Juga: Kehilangan Sosok Ibu, Jokowi: Mohon Doa dari Jauh untuk Almarhumah 

loading...

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Media Publikasi Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, infeksi hantavirus merupakan salah satu zoonosis yang ditularkan oleh hewan rodensia atau hewan pengerat ke manusia.

Hantavirus pada manusia dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kelainan fungsi ginjal dan paru-paru yang didahului oleh gejala berupa demam, bintik perdarahan pada wajah, sakit kepala, hipotensi, oliguria sedikit buang air kecil lalu diuretik atau terlalu sering buang air kecil.

Hantavirus dapat menyebabkan 2 tipe penyakit yakni Hemorhagic Fever with Renal Syndrome (HFRS) dan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS).

Baca Juga: Cuaca Depok Hari Ini: Kamis 26 Maret 2020, Hujan Hingga Malam Hari 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: South China Morning Post

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X