Indonesia Dikabarkan Di-lockdown Dunia Akibat Pemerintah dan Warga Tak Patuhi PSBB, Simak Faktanya

- 26 Mei 2020, 20:37 WIB
Seorang penumpang berjalan untuk memeriksa dokumennya di Bandara Soekarno Hatta di tengah wabah penyakit coronavirus (COVID-19) di Jakarta, Indonesia 21 Mei 2020.*

PIKIRAN RAKYAT – Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menyebut negara-negara di dunia akan segera menerapkan lockdown bagi Indonesia.

Dalam informasinya, hal itu terjadi akibat pemerintah dan masyarakatnya tidak patuh terhadap aturan PSBB yang membuat kurva kasus virus corona belum juga melandai hingga kini.

Namun menurut laporan Mafindo sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs Turn Back Hoax, klaim tersebut merupakan informasi yang salah.

Baca Juga: Laboratorium Wuhan Akui Simpan 3 Virus Corona Sejak 2004, Namun Jenisnya Berbeda dengan Covid-19 

Dalam pesan berantai tersebut dimuat tujuh negara yang resmi melarang kunjungan wisatawan Indonesia antara lain Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru. Sumber informasi diklaim berasal dari pihak kedutaan besar masing-masing negara.

Berdasarkan penelusuran, larangan kunjungan dari tujuh negara itu tidak hanya berlaku bagi WNI.

Pemerintah Singapura sejak beberapa waktu lalu resmi menolak kedatangan warga negara asing dengan visa short term visit akibat pandemi virus corona.

Begitu juga dengan Jepang, sejak lama pemerintah telah melarang kunjungan warga negara asing lebih dari 100 negara di dunia bukan hanya bagi WNI.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X