Pintek, Fintech Legal Berikan Solusi Pendanaan UKM Pendidikan!

- 16 November 2021, 11:00 WIB
PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek)/Dok. Pikiran Rakyat
PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek)/Dok. Pikiran Rakyat /

PR DEPOK - Banyak yang bertanya, "sektor bisnis apa yang menghasilkan banyak uang?", jawabannya adalah bisnis di sektor pendidikan. Kenapa?

Soalnya setiap orang membutuhkan pendidikan sebagai bekal masa depannya. Itulah mengapa bisnis pendidikan selalu laris manis di pasaran karena pendidikan sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Bahkan di saat banyak pebisnis di luar sektor pendidikan terpaksa harus gulung tikar karena pandemi, para UKM pendidikan tetap dapat bertahan dan justru mendapat kenaikan omset yang sangat drastis.

Baca Juga: Hujan Badai Terjang Kota di Kanada, Jalur Evakuasi hingga Kilang Minyak Tertutup

Hal tersebut banyak dialami oleh UKM pendidikan, salah satunya adalah Ma’ruf Ikhsan pemilik CV Insan Kencana yang menjual berbagai produk pendidikan, mulai dari buku, alat tulis dan media pembelajaran elektronik seperti laptop, komputer dan lainnya.

"Saya menjalankan bisnis di tahun 2013 dengan menjual buku. Tapi di tahun 2019, saya baru bergabung di SIPLah dan menjual apapun permintaan sekolah terutama media elektronik. Di 2021, saya mulai ke e-Katalog dan sudah meraup omset lebih dari Rp 8 miliar," ungkap Ikhsan.

Lebih lanjut Ikhsan juga menambahkan kalau seluruh jenis produk pendidikan laris manis diborong oleh lembaga pendidikan, baik sekolah maupun tempat kursus.

Pintek Membantu UKM Pendidikan

Meski sukses meraup keuntungan besar, tapi para pelaku UKM mengaku bahwa mereka harus dihadapkan dengan berbagai kendala dalam menjalankan bisnisnya dan tantangan terbesar adalah tidak memiliki dana yang memadai untuk memenuhi seluruh pesanan.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x