Cara Daftar DTKS Online Pakai KTP di Aplikasi Cek Bansos Agar Dapat PKH, BPNT, STB, hingga KIP Kuliah 2022

- 1 Maret 2022, 12:11 WIB
Ilustrasi. Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara daftar DTKS online menggunakan KTP untuk dapat PKH, BPNT, STB dan KIP Kuliah.
Ilustrasi. Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara daftar DTKS online menggunakan KTP untuk dapat PKH, BPNT, STB dan KIP Kuliah. /Kemensos

PR DEPOK - Simak cara daftar DTKS online pakai KTP di Aplikasi Cek Bansos agar dapat bantuan sosial (bansos) PKH, BPNT, STB, hingga KIP Kuliah 2022.

Daftar DTKS bisa dilakukan secara online lewat HP pakai KTP di Aplikasi Cek Bansos, nantinya masyarakat bisa memilih jenis bantuan yang diinginkan, dari PKH, BPNT, STB, hingga KIP Kuliah 2022.

Semua penerima bansos, baik PKH, BPNT, STB, hingga KIP Kuliah, wajib terdata sebagai keluarga penerima manfaat yang telah terdaftar di DTKS (Data Terpaduan Kesejahteraan Sosial).

Lewat data yang ada di DTKS, pemerintah berharap agar bantuan sosial PKH, BPNT, STB, hingga KIP Kuliah tepat sasaran bagi penerima bantuan dan tidak ada lagi data ganda.

Baca Juga: FIFA dan UEFA Sepakat Rusia Didiskualifikasi dari Piala Dunia Qatar 2022

Sepanjang Maret 2021, DTKS telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS.

Adapun fungsinya adalah memuat data terbaru penerima bantuan sosial (Bansos).

DTKS juga berfungsi agar memenuhi hak Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial.

Bagaimana cara daftar DTKS?

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah