PKH Tahap 3 Juli 2022, Penuhi Syarat-syaratnya dan Segera Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

- 2 Juli 2022, 17:08 WIB
Ilustrasi - PKH tahap 3 akan cair bagi yang memenuhi syarat dan terdaftar di DTKS Kemensos. Jika sudah, segera cek nama di cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi - PKH tahap 3 akan cair bagi yang memenuhi syarat dan terdaftar di DTKS Kemensos. Jika sudah, segera cek nama di cekbansos.kemensos.go.id. /Pixabay/EmAji.

PR DEPOK - Cara cek nama penerima Program Keluarga Harapan atau PKH tahap 3 akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Mekanisme cek nama penerima PKH tahap 3 sama seperti sebelumnya melalui link resmi dari Kemensos, yakni cekbansos.kemensos.go.id.

Sesuai dengan skema yang telah ditentukan sebelumnya, PKH tahap 3 akan mulai disalurkan oleh Kemensos per Juli 2022 ini.

Seperti tahap yang sudah-sudah, penyaluran PKH tahap 3 akan dilaksanakan secara bertahap selama 3 bulan hingga September 2022 nanti.

Baca Juga: PKH Tahap 3 2022 Kapan Cair? Ini Informasi Jadwal Pencairan Dana Balita hingga Lansia

Sebelum membahas cara cek nama penerima, perlu diketahui terlebih dahulu apa saja syarat agar bisa dapatkan PKH tahap 3 dari Kemensos ini.

Penerima bantuan ini tentu harus Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Pengenal (KTP).

Tergolong masyarakat miskin atau rentan miskin, serta kehilangan mata pencaharian akibat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Berikutnya, calon penerim PKH tahap 3 juga bukan merupakan anggota keluarga aktif ataupun pensiunan ASN, TNI, hingga Polri.

Baca Juga: BNPB Tetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK Hewan di Indonesia, Ada 6 Poin Utama

Syarat terakhir adalah harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos.

Jika sudah memenuhi sejumlah syarat di atas dan terdaftar di DTKS, kini sudah bisa melakukan pengecekan nama penerima secara online.

Lantas bagaimana cara cek nama penerima PKH tahap 3 yang dijadwalkan akan mulai cair Juli 2022 lewat link cekbansos.kemensos.go.id?

Pertama-tama tentu saja akses cekbansos.kemensos.go.id, bisa lewat HP maupun komputer. Jangan lupa siapkan KTP juga untuk keperluan pengecekan.

Baca Juga: Daftar Bansos yang Cair Juli 2022, Ada PKH untuk Ibu Hamil hingga Balita dan BPNT Rp2,4 juta

Setelah itu, isi data wilayah yang meliputi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga kelurahan/desa. Lalu, isi juga nama lengkap yang ingin dicek.

Jika dirasa pengisian data di atas sudah benar, kini ketik ulang 8 huruf kode. Bila kurang jelas bisa klik 'Refresh' untuk mendapatkan kode baru.

Selanjutnya adalah klik 'Cari Data'. Tunggu beberapa saat hingga sistem mengeluarkan hasil pencarian bila memang dinyatakan sebagai penerima PKH tahap 3.

Demikian penjelasan mengenai cara cek nama penerima di cekbansos.kemensos.go.id serta syarat agar dapatkan bansos PKH tahap 3.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x