Cara Cek Nama Penerima Bansos Kemensos 2022 Online Pakai HP, Segera Akses Link Resmi Ini

- 14 Juli 2022, 12:32 WIB
BPNT dan PKH, yang merupakan 2 jenis bansos Kemensos 2022 bisa dicek nama penerimanya melalui link cekbansos.kemensos.go.id.
BPNT dan PKH, yang merupakan 2 jenis bansos Kemensos 2022 bisa dicek nama penerimanya melalui link cekbansos.kemensos.go.id. /Tangkap layar cekbansos.kemensos.go.id./

PR DEPOK - Pemerintah melalui Kemensos masih menyalurkan sejumlah bansos di 2022 ini kepada masyarakat yang namanya terdaftar sebagai penerima.

Adapun bansos dari Kemensos yang masih dicairkan di 2022 ini di antaranya ada BPNT atau Bantuan Pangan Non-Tunai dan Program Keluarga Harapan atau PKH.

Masyarakat yang tergolong penerima PKH dan BPNT nantinya bisa mencairkan uang bantuan usai cek nama penerima di link cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan cek nama penerima online di cekbansos.kemensos.go.id, maka data masyarakat yang terdaftar bansos Kemensos 2022 bakal terlihat.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 36, Berikut Estimasi Tanggalnya

Sehingga nama-nama penerima bansos Kemensos 2022 yang muncul tersebut bisa mencairkan uang bantuan sesuai yang didapat.

Untuk nama penerima BPNT yang terdaftar atau muncul usai cek nama penerima ke cekbansos.kemensos.go.id bisa mendapat bansos sebesar Rp2,4 juta selama 2022.

Total BPNT Rp2,4 juta ini dibagikan kepada penerima rutin setiap bulan dengan nominal Rp200.000 yang bisa dibelanjakan kebutuhan pangan sembako di e-waroeng yang ditunjuk Kemensos.

Baca Juga: Kabar Terbaru Pria Ngaku Dewa Matahari di Lebak, Polisi Ungkap NT Alami Gangguan Jiwa

Sementara itu, tidak semua penerima BPNT 2022 juga bakal dapat bansos PKH meskipun kedua bansos sama-sama disalurkan oleh Kemensos.

Pasalnya, bansos PKH 2022 ini hanya diberikan kepada masyarakat dengan kategori yang sebelumnya telah ditentukan Kemensos.

Adapun kategori yang bakal menerima bansos PKH 2022 yakni ibu hamil dengan total bantuan Rp3 juta selama tahun ini dan balita usia 0-6 tahun pun dengan nominal yang sama.

Kategori lain yang menerima bansos PKH 2022 yakni siswa SD hingga SMA, yang mana untuk SD bakal dapat Rp900.000, SMP Rp1,5 juta, dan SMA Rp2 juta sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 37 Kapan Dibuka? Ini Estimasi Waktu Pembukaannya

Selain itu, ada kategori lanjut usia dengan umur 70 tahun ke atas yang mendapat bansos PKH 2022 senilai Rp2,4 juta dan difabel dengan jumlah uang bantuan yang sama sepanjang tahun ini.

Semua kategori di atas dan penerima BPNT bisa cek nama penerima online di cekbansos.kemensos.go.id dengan menggunakan HP.

Lantas bagaimana cara cek nama penerima BPNT dan PKH yang benar agar bisa mencairkan kedua bansos Kemensos tersebut?

Baca Juga: BLT Anak Sekolah Cair Lagi Juli 2022 untuk Siswa SD hingga SMA, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Langkah pertama, segera akses cekbansos.kemensos.go.id menggunakan HP yang terkoneksi jaringan internet.

Setelah itu, masukkan nama Provinsi/Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa, lalu input data diri sesuai KTP.

Kemudian, ketik 8n huruf kode (dipisahkan spasi) yang disediakan dalam kotak. Jika huruf kode kurang jelas, segera ulangi lagi untuk mendapatkan kode baru. Lalu klik tombol "Cari Data".

Jika sudah, link cekbansos.kemensos.go.id. bakal mencocokkan nama penerima bansos sesuai wilayah yang diinput.

Kategori penerima bansos PKH maupun BPNT 2022 bisa segera mencairkan uang bantuan sesuai yang didapat di lembaga penyalur yang telah bekerja sama dengan Kemensos.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x