Nama Tak Muncul di cekbansos.kemensos.go.id saat Cek Penerima BPNT Agustus 2022? Segera Lakukan Hal Ini

- 3 Agustus 2022, 08:53 WIB
 Caption: Simak inilah hal yang harus dilakukan di Aplikasi Cek Bansos jika nama tak muncul di cekbansos.kemensos.go.id saat cek penerima BPNT Agustus 2022./Dok. Kemensos
Caption: Simak inilah hal yang harus dilakukan di Aplikasi Cek Bansos jika nama tak muncul di cekbansos.kemensos.go.id saat cek penerima BPNT Agustus 2022./Dok. Kemensos /Dok. Kemensos

PR DEPOK - BPNT merupakan salah satu bansos berupa saldo sembako yang disalurkan rutin setiap bulan, termasuk yang cair Agustus 2022.

Namun, BPNT Agustus 2022 hanya akan diberikan kepada penerima yang namanya telah tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Selain itu, BPNT Agustus 2022 juga bakal cair kepada nama-nama yang muncul di link cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Mahfud MD Minta Kasus Kematian Brigadir J Diusut Tuntas, Singgung Soal CCTV Tersambar Petir

Lalu, apa yang harus dilakukan jika nama tak muncul di cekbansos.kemensos.go.id saat cek penerima BPNT Agustus 2022? Simak pemaparannya berikut ini.

Permasalahan nama tidak muncul di cekbansos.kemensos.go.id saat cek penerima BPNT Agustus 2022 bisa diatasi dengan melakukan pengajuan diri sebagai penerima.

Pengajuan diri sebagai penerima BPNT Agustus 2022 bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Daftar Usulan di aplikasi Cek Bansos.

Baca Juga: Cair Bulan Ini! Cek Daftar Penerima BPNT 2022 di cekbansos.kemensos.go.id dan Dapatkan Rp200.000

Melalui fitur Daftar Usulan di aplikasi Cek Bansos tersebut, calon penerima akan lebih mudah saat mengajukan diri sebagai penerima BPNT Agustus 2022.

Berikut cara mengajukan diri agar nama muncul di cekbansos.kemensos.go.id dan berkesempatan dapat BPNT Agustus 2022 lewat aplikasi Cek Bansos.

Masyarakat hanya perlu menyiapkan KTP dan HP, lalu unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store.

Setelah itu, segera buat akun baru atau user ID di aplikasi Cek Bansos yang baru saja diunduh. Kemudian login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos.

Baca Juga: Update Covid-19 Dunia Rabu, 3 Agustus 2022: Kasus Global Kembali Naik, Indonesia Peringkat Berapa?

Langkah selanjutnya, segera masuk ke menu Daftar Usulan. Lalu lengkapi data pengusul untuk mendapatkan BPNT Agustus 2022.

Berikutnya, masyarakat bisa pilih bansos yang ingin didapat, misalnya BPNT.

Jika sudah mengajukan diri lewat fitur Daftar Usulan di aplikasi Cek Bansos, masyarakat bisa cek status secara online melalui link resmi Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara cek status penerima BPNT Agustus 2022 dengan login cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Lirik Lagu Aminlah Bersamaku - Rizky Febian: Kuyakin Kaulah Perjalanan Terakhirku

Tahap awal yakni segera login ke link resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id menggunakan HP yang tersambung internet.

Setelah itu, pilih alamat lengkap yang berupa nama provinsi, kabupaten, kota atau desa. Lalu masukkan nama lengkap sesuai yang tertera di KTP.

Kemudian, tulis ulang 8 huruf kode yang ada pada kotak. Refresh jika kurang jelas untuk mendapat kode baru. Lalu klik tombol "Cari Data".

Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan sejumlah informasi mengenai BPNT Agustus 2022.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans TV dan Trans7 Hari Ini Rabu, 3 Agustus 2022: Ada Film John Wick 3 dan El Gringo

Jika nama dan alamat KTP yang dimasukkan muncul dalam pencarian data di cekbansos.kemensos.go.id, maka dia berhak mencairkan BPNT Agustus 2022 .

Namun, apabila nama yang dicek tak muncul di cekbansos.kemensos.go.id, itu tandanya data masih dalam proses atau bisa juga memang dia bukan masyarakat yang berhak dapat BPNT Agustus 2022.

Untuk itu, perlu diingat kembali mengenai syarat sebagai penerima BPNT Agustus 2022 yang di antaranya yakni merupakan WNI golongan miskin yang memiliki KTP.

Baca Juga: Penampilan Xiaoting Kep1er di ISAC 2022 Bikin Heboh, Sukses Raih Medali Emas Berkat Tarian Indahnya

Selain itu, dia bukan ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN/BUMD, dan perangkat desa serta bukan penerima bansos lain dari pemerintah.

Syarat lain, warga tersebut harus memiliki KKS sebagai bukti bahwa dirinya telah tercatat di DTKS Kemensos.

Demikian informasi mengenai hal yang harus dilakukan apabila nama tidak muncul di cekbansos.kemensos.go.id saat cek penerima BPNT Agustus 2022.***

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah