Cara Daftar DTKS 2022 Online Lewat HP untuk Dapat PKH, BPNT Sembako dan BLT BBM

- 4 September 2022, 22:14 WIB
Ilustrasi - Simak cara daftar DTKS 2022 secara online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat PKH, BPNT Kartu Sembako dan BLT BBM yang cair September ini.
Ilustrasi - Simak cara daftar DTKS 2022 secara online lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat PKH, BPNT Kartu Sembako dan BLT BBM yang cair September ini. /Tangkapan layar YouTube Kemensos RI

PR DEPOK - Pada bulan September 2022 ini pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan tiga jenis bansos sekaligus kepada keluarga miskin, yakni PKH, BPNT Kartu Sembako dan BLT BBM. 

Penyaluran bansos PKH, BPNT Kartu Sembako dan BLT BBM tersebut dilakukan kepada keluarga miskin yang sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. 

Maka dari itu, segera daftarkan diri ke DTKS secara online lewat handphone (HP) di aplikasi Cek Bansos agar mendapat bansos PKH, BPNT Kartu Sembako atau BLT BBM. 

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui penjelasan cara daftar DTKS 2022 secara online lewat HP di aplikasi Cek Bansos sekaligus informasi bantuan PKH, BPNT dan BLT BBM yang cair September ini. 

Baca Juga: Simak Cara Cek Bansos PKH dan BPNT 2022 Online Lewat Link cekbansos.kemensos.go.id

DTKS itu sendiri merupakan basis data yang digunakan Kemensos untuk menyalurkan bansos kepada keluarga miskin atau rentan miskin agar tepat sasaran. 

Hampir semua program bansos yang disediakan Kemensos menggunakan DTKS sebagai basis data dalam penyaluran bantuan, baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bahkan BLT BBM yang baru saja disalurkan pemerintah. 

Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri ke DTKS agar bisa terdata menjadi penerima bansos. Pendaftaran tersebut sebetulnya bisa dilakukan secara manual dengan mendatangi kelurahan setempat, atau juga bisa secara online dengan menggunakan HP. 

Baca Juga: Cek Penerima BLT BBM 2022 Online Lewat HP, Akses Link Berikut dan Cairkan Bansos Rp600.000

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x