Cara Daftar Bansos Online 2022 Lewat HP Pakai KK dan KTP

- 6 Oktober 2022, 14:13 WIB
Ilustrasi - Berikut cara daftar bansos online 2022 lewat HP di aplikasi Cek Bansos pakai KK dan KTP untuk cairkan bantuan PKH, BPNT, hingga BLT BBM.
Ilustrasi - Berikut cara daftar bansos online 2022 lewat HP di aplikasi Cek Bansos pakai KK dan KTP untuk cairkan bantuan PKH, BPNT, hingga BLT BBM. /Tangkap layar aplikasi Cek Bansos

PR DEPOK - Pendaftaran bantuan sosial (bansos) tahun 2022 dari Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini masih bisa dilakukan secara online dengan menggunakan handphone (HP) lewat aplikasi Cek Bansos. 

Masyarakat hanya perlu menyiapkan berkas berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data saat mendaftar bansos lewat HP di aplikasi Cek Bansos. 

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara daftar bansos 2022 secara online lewat HP di aplikasi Cek Bansos hanya pakai KK serta KTP. 

Sebab akan ada berbagai macam bansos yang bisa didapat untuk bulan Oktober 2022 ini seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan BLT BBM. 

Baca Juga: BPUM 2022 Diisukan Mulai Cair Oktober Ini, Ketahui Nama Para Penerima BLT UMKM Rp600.000 di Sini

Bansos PKH, BPNT dan BLT BBM itu sendiri merupakan tiga jenis bantuan yang saat ini tengah disalurkan Kemensos kepada keluarga miskin atau rentan miskin, yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Ketiga bansos tersebut memiliki nominal bantuan yang berbeda dari mulai Rp200.000, Rp300.000 hingga Rp750.000 untuk kategori tertentu. 

Untuk mendapat bansos itu, masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu ke DTKS agar terdata sebagai penerima bantuan PKH, BPNT atau BLT BBM. Pendaftaran ini dapat dilakukan secara online dengan hanya menggunakan HP. 

Baca Juga: Akses Link cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Nama Penerima PKH 2022 Lewat HP

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah