8 Tips Atur Keuangan Agar Aman dari Ancaman Resesi

- 12 Januari 2023, 10:12 WIB
Ilustrasi - tips menghadapi resesi, simak cara mengatur keuangan dalam artikel ini.
Ilustrasi - tips menghadapi resesi, simak cara mengatur keuangan dalam artikel ini. /Pexels/

PR DEPOK - Perekonomian dunia diprediksi akan dihantam resesi tahun 2023 ini. Artinya, inilah saatnya mengambil tindakan untuk melindungi keuangan Anda.

Pakar keuangan mengungkap tips atau langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk melindungi keuangan Anda menjelang tahun yang sulit.

Lalu, apa saja 8 tips yang harus Anda lakukan agar aman dari ancaman resesi? Berikut PikiranRakyat-Depok.com rangkum.

1. Bangun dana darurat

Para ahli menyarankan untuk membangun dana darurat agar dapat menutupi pengeluaran Anda, jika Anda kehilangan pekerjaan. Dana ini idealnya disiapkan sebanyak 3 hingga 6 bulan dari biaya pengeluaran Anda.

Baca Juga: Siap-siap Kartu Prakerja 2023 akan Dimulai! Simak Cara Daftar Beserta Tips untuk Lolos

Jika Anda tidak memiliki simpanan untuk menutupi biaya selama 3 hingga 6 bulan, Anda perlu menghemat pengeluaran Anda. Buatlah anggaran keuangan agar dapat membantu Anda memvisualisasikan dan memprioritaskan pengeluaran Anda dengan lebih baik.

2. Pangkas pengeluaran rutin Anda

Berpikir keras sebelum berbelanja keperluan sehari-hari dapat membantu Anda menghemat keuangan. Memakai ponsel atau paket internet yang lebih murah, mengurangi jumlah langganan streaming yang Anda miliki, membuat kopi dan makan siang Anda sendiri daripada membelinya setiap hari, terbukti hal tersebut memotong pengeluaran rutin Anda.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Bussines Insider


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x