Bansos Kemensos 2023 Cair Lewat Apa dan Kapan? Cek Jadwal Pencairan dan Penerima PKH dan BPNT di Sini

- 4 Februari 2023, 21:20 WIB
Bansos Kemensos 2023 kemungkinan cair lewat PT. Pos Indonesia dan bank himbara, cek penerima PKH dan BPNT di cekbansos.kemensos.go.id.
Bansos Kemensos 2023 kemungkinan cair lewat PT. Pos Indonesia dan bank himbara, cek penerima PKH dan BPNT di cekbansos.kemensos.go.id. /Dok.Kemensos/

PR DEPOK – PKH dan BPNT merupakan bansos Kemensos 2023 yang siap disalurkan. Kapan mulai disalurkan dan bagaimana mekanisme pencairannya?

Kementerian Sosial (Kemensos) diprediksi akan menyalurkan bansos PKH dan BPNT 2023 sesuai skema tahun lalu. Mitra dan jadwal penyalurnya kemungkinan sama.

PKH disalurkan melalui PT. Pos Indonesia dan Bank Himbara secara tunai, sedangkan BPNT disalurkan dalam bentuk tunai melalui PT. Pos Indonesia atau melalui kartu KKS/bank penyalur.

Sementara itu, untuk jadwal penyaluran kedua bansos Kemensos 2023 ini berbeda. BPNT cair setiap bulan. Sedangkan PKH per tiga bulan dalam periode berikut, Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries Besok Minggu, 5 Februari 2023: Hati-Hati dengan Pekerjaan dan Simpan Uang di Tabungan

Hingga awal Februari 2023 ini, Kemensos belum menyalurkan dana PKH dan BPNT kepada keluarga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Maka dari itu, kemungkinan besar dana PKH dan BPNT disalurkan seperti tahun lalu yaitu bulan Februari 2023 sampai Maret mendatang.

Besaran dana BPNT senilai Rp2,4 juta untuk setahun yang per bulan cair Rp200.000.

Lalu, PKH diberikan kepada keluarga miskin dengan kriteria khusus, seperti ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah (SD-SMA), penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia).

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x