Pencairan Bansos 2023: 3 Skema Penyaluran yang Dilakukan Pos Indonesia di Tahun Ini

- 9 Maret 2023, 08:14 WIB
Ilustrasi - Pos Indonesia memiliki skema pencairan bansos 2023.
Ilustrasi - Pos Indonesia memiliki skema pencairan bansos 2023. /

PR DEPOK – Pos Indonesia, perusahaan BUMN terbesar di bidang logistik di Indonesia, telah merencanakan tiga skema penyaluran untuk pencairan bansos tahun 2023. Dengan peningkatan keterampilan dan teknologi mereka, Pos Indonesia siap membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

Tiga skema penyaluran untuk pencairan bansos pada tahun 2023, bertujuan untuk memudahkan distribusi bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Ketiga skema penyaluran ini mencakup berbagai metode pengiriman yang akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat penerima.

Pos Indonesia akan menangani penyaluran dana bansos yang belum diambil oleh penerima manfaat selama periode tertentu, seperti dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari Kemensos. Dalam hal ini, penerima bantuan dapat tetap mengambil dana bansos dari Kantor Pos dengan menunjukkan kartu identitas dan bukti sebagai penerima manfaat.

Penyaluran melalui Pos Indonesia dirancang khusus untuk menjangkau daerah 3T dan daerah yang akses perbankannya terbatas. Pos Indonesia akan mengelola lebih dari 50 persen wilayah 3T (tertinggal, perbatasan, dan terluar).

Baca Juga: Link Twibbon Ramadhan 2023: Cara Mudah Berbagi Semangat Ramadhan Melalui Profil Media Sosial Anda

Masyarakat yang kesulitan mendatangi cabang karena mungkin kurang mendapat informasi, pihak Pos Indonesia akan mendatangi ke rumah masing-masing penerima manfaat. Nantinya penerima bansos akan diambil data biometriknya oleh petugas Pos Indonesia pada saat menerima dana bantuan, hal ini agar lebih akurat dalam penyalurannya.

Pos Indonesia menyiapkan tiga skema pencairan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat penerima bansos. Terdapat tiga skema pencairan oleh Pos Indonesia yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat penerima manfaat.

1. Penerima Manfaat Mengambil Dana Bansos ke Kantor Pos

Kantor Pos telah menetapkan prosedur untuk penerima manfaat datang langsung ke kantor pos untuk mengambil bantuan sosial yang telah disediakan. Penerima bansos dapat mengunjungi Kantor Pos sesuai dengan jadwal undangan pembayaran yang disediakan. Dengan demikian, penerima manfaat dapat memperoleh bantuan sosial yang lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu pengiriman.

Baca Juga: Cek Bansos yang Akan Cair Maret 2023: Begini Skema Penyalurannya untuk KPM

Halaman:

Editor: Cecev Handoyo

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x