Mudah! Cara Cek Status Data DTKS Penerima Bansos dengan NIK KTP di cekbansos.kemensos.go.id

- 21 Juni 2023, 15:28 WIB
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara daftar DTKS Kemensos agar mendapat kesempatan jadi penerima bansos PKH dan BPNT.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara daftar DTKS Kemensos agar mendapat kesempatan jadi penerima bansos PKH dan BPNT. /Kemensos/

PR DEPOK - Kabar terbaru mengenai program bantuan sosial (bansos) tahun 2023 semakin membuat sejumlah masyarakat tertarik dan mempertanyakan informasi terkait.

Salah satu informasi yang menarik perhatian adalah kabar bahwa bansos untuk bulan Juni 2023 akan dicairkan dalam bentuk Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara cek status data Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) sendiri. Untuk informasi lebih lanjut, mari simak artikel ini sampai habis.

Baca Juga: Ulang Tahun Presiden Jokowi ke-62, Ini Deretan Selebriti yang Beri Ucapan: Selamat Ulang Tahun Bapak...

Cara untuk melakukan pengecekan status data DTKS menggunakan NIK KTP sendiri di cekbansos.kemensos.go.id ternyata cukup mudah.

Kemensos telah memudahkan masyarakat dengan menyediakan sistem pengecekan status data DTKS melalui situs resmi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua masyarakat dapat mengakses link cekbansos.kemensos.go.id. Hal ini dikarenakan akses hanya diberikan kepada masyarakat yang telah terdaftar terlebih dahulu di DTKS dengan NIK KTP mereka.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi Tunda Pemeriksaan Materiil Perppu Ciptaker

DTKS merupakan singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Dalam database ini, terdapat data-data penting mengenai masyarakat yang berada dalam kategori rentan sosial atau rentan miskin.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x